Lihat ke Halaman Asli

Temukan Solusi! Begini Mahasiswa UNDIP Mengatasi Sulitnya Pemasaran UMKM Ceting di Desa Batursari

Diperbarui: 10 Februari 2023   11:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Pekalongan (03/02/2023), mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro Semarang menemukan solusi atas permasalahan sulitnya pemasaran bagi UMKM Ceting di Desa Batursari , Kec.Talun, Kab. Pekalongan melalui kegiatan sosialisasi yang bertema ‘Pemberdayaan UMKM Ceting melalui Pengenalan E-Commerce’. Kegiatan ini dilaksanakan di salah satu kediaman perangkat desa dan dihadiri oleh kelompok karang taruna, perangkat desa, para ketua RT, ketua paguyuban pengrajin anyaman bambu, serta para pengrajin ceting. Sulitnya pemasaran produk anyaman bambu berupa ceting bagi masyarakat berdampak terhadap perekonomian masyarakat tersebut dikarenakan masih bergantung kepada pengepul serta masih ada permainan harga yang dilakukan.

Penjualan yang masih bergantung kepada pengepul, tentu tidak menguntungkan bagi masyarakat khususnya para pengrajin anyaman ceting. Hal ini berkaitan antara nilai jual yang ditawarkan oleh pengepul jauh lebih rendah daripada harga pasar. Adanya sosialisasi pengenalan e-commerce diharapkan dapat menjadi jalan baru bagi masyarakat Desa Batursari dalam mengembangkan dan memasarkan produk unggulan desa. 

Dok. pribadi

Kegiatan sosialisasi diisi oleh beberapa materi, yakni tentang UMKM, e-commerce, strategi pemasaran, dan metode pembayaran. Materi awal pada kegiatan sosialisasi ini adalah tentang pengantar UMKM dibawakan langsung oleh Saudari Alvina Nanda. Pada materi tersebut disampaikan juga tentang bagaimana cara mendaftarkan UMKM di Dinas Perindustrian serta persyaratan atau dokumen apa saja yang diperlukan untuk mendirikan UMKM.

Dok. pribadi

Materi kedua adalah tentang e-commerce yang dipaparkan oleh Saudara Muhammad Dzulfiqar. Pada materi kedua ini dijelaskan tentang contoh e-commerce yang dapat digunakan sebagai media pemasaran produk serta demonstrasi atau praktik dari pengelolaan e-commerce bagi penjual. Maksud dari dipaparkannya materi tersebut adalah mengenalkan sekaligus memberikan referensi media pemasaran online agar penjualan tidak bergantung kepada pengepul.

Dok. pribadi

Materi ketiga disampaikan oleh Saudari Alifya Azzahra tentang strategi pemasaran. Pada sesi ini disampaikan materi yaitu pengertian copywriting serta contoh iklan. Materi ini menjelaskan tentang apa itu copywriting dan formula yang dapat digunakan untuk membuat iklan. Hal ini perlu disampaikan agar masyarakat mengetahui bahwa pembuatan iklan untuk pemasaran terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Dok. pribadi

Materi keempat diisi oleh Saudara Muhammad Faisal yaitu tentang metode pembayaran. Pada materi ini disampaikan tentang QRIS sebagai salah satu metode pembayaran yang dapat digunakan dalam penjualan produk. Penyampaian materi ini diharapkan dapat menjadi salah satu opsi metode pembayaran non-tunai.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline