Lihat ke Halaman Asli

Goenawan

Wiraswasta

Raport Merah Ekonomi RI di Penghujung 2014

Diperbarui: 17 Juni 2015   13:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1420172244219933490

[caption id="attachment_362765" align="aligncenter" width="545" caption="sumber data oleh marketwatch diolah oleh Penulis"][/caption]

Data ekonomi RI yang dirilis siang ini menunjukkan penurunan unjuk kerja. Penunrunan performan tidak saja terjadi dengan melonjaknya inflasi, anjloknya eksport dan penurunan import, naiknya defisit neraca, tetapi juga sektor pariwisata turun -5.32%.

Berikut rincian dan pembahasannya:

Inflasi:

Inflasi Bulan Oktober 2014 mulai mendekati angka 5% di angka 4.83%. Kemudian angka tersebut tak tertahankan melonjak di bulan Nopember dan Desember 2014 berturut - turut mencapai 6.23% dan 8.36%. Jika kita pehatikan ration (Core Inflation/Inflation) akan terlihat penurunan prosentase, yang artinya inflasi di dorong oleh harga energi dan harga bahan pangan.

Inflasi besar yang terjadi pada harga energi dan bahan makanan jelas menunjukkan bahwa inflasi kali ini banyak memukul kalangan miskin dan prasejahtera, dimana pola konsumsi mereka lebih di dominasi BBM dan konsumsi makanan. Sedangkan bagi golongan kaya, dimana belanja bahan pangan relatif kecil dibanding kebutuhan lain, hampir tidak terasa inflasi yang terjadi.

Export

Penurunan eksport yang drastis, menunjukkan bahwa klaim beberapa pihak bahwa penurunan Rupiah terhadap US Dollar akan menaikkan eksport RI. Mereka tidak paham struktur barang eksport komoditas semacam CPO dan batubara yang akan turun harganya saat ekonomi dunia melemah. Sedangkan eksport manufaktur hasil industri boleh dikata sangat tidak signifikan. Karena Manufactur yang dibangun di Indonesia sesungguhnya hanya untuk memenuhi permintaan domestic, kalaupun ada yang eksport, teknologi masih sangat rendah.

Import

Import juga turun, tetapi jangan burur- buru mengklaim ini upaya pemerintah mengerem import, karena memang tidak ada regulasi signifikan yang dilakukuan. Tetapi turunnya import lebih mencerminkan melemahnya daya beli rumah tangga di Indonesia. Bahkan ini mengindikasikan penurunan kinerja industri dengan bahan baku import.

Defisit Neraca

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline