Lihat ke Halaman Asli

Tips Meningkatkan Kecepatan Lari Jarak Pendek

Diperbarui: 15 Februari 2023   08:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Lari jarak pendek merupakan aktivitas olahraga yang sangat populer. Lari jarak pendek atau biasa disebut sprint merupakan salah satu aspek yang dapat digunakan untuk mengukur kebugaran jasmani yaitu kecepatan (speed). Salah satu atlet yang terkenal dalam kompetisi lari jarak pendek adalah Usain Bolt. Usain Bolt memiliki rekor 100 meter yang menakjubkan yaitu 9,58 detik. 

Kecepatan lari tidak bisa didapatkan dengan instan. Kecepatan lari harus ditingkatkan sedikit demi sedikit. Bahkan Usain Bolt saja butuh 4 tahun berlatih sangat keras untuk mendapatkan rekor tersebut. Lari jarak pendek tidak semata mata lari dengan kecepatan penuh saja. 

Lari jarak pendek juga memerlukan teknik yang tepat. Dengan teknik yang buruk anda tidak bisa mendapatkan progress yang baik.  Tidak hanya itu, mungkin anda juga bisa mendapatkan cedera. Oleh karena itu, hal perlu kita perhatikan adalah untuk tidak memaksakan diri. Tubuh kita akan berkembang dengan cepat karena recovery yang baik. 

Yang perlu kita lakukan untuk meningkatkan kecepatan lari jarak pendek adalah meningkatkan durability. Mungkin ini terdengar aneh. Tapi dengan meningkatnya durability kita dapat mengeluarkan kekuatan kita lebih leluasa. Selain itu kita juga dapat berlatih lebih lama karena stamina yang lebih besar. 

Jika anda ingin menjadi atlet lari pendek, konsistensi sangat diperlukan dalam berlatih. Semakin sering anda berlatih semakin kuat anda berlari. Teruslah semangat meraih mimpi. Dengan semangat semua bisa terjadi. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline