Lihat ke Halaman Asli

Analisis Intrinsik dan Ekstrinsik dalam Cerpen "Umi Kalsum"

Diperbarui: 22 Januari 2018   22:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi unsur intrinsik dan ekstrinsik pada cerepen. Dalam cerpen Umi Kalsum sangat tertarik untuk mengkaji unsur-unsur pembangun dalam cerita. Sebagai cerpen banyak sekali unsur-unsur yang ditemukan seperti unsur intrinsik dan ekstrinsik. Unsur intrinsik meliputi tema, latar, sudut pandang, tokoh dan penokohan, gaya bahasa, amanat, alur, dan pencitraan. Dari unsur intrinsik ditemukan kata-kata indah seperti majas hiperbola, metafora, perumpamaan dan simbolik, cerita tersebut membawa kehanyutan untuk para pembaca karena tokoh Haji Basuni mempunyai karakter antagonis dan tokoh Umi Kalsum yang mempunyai karakter penyabar atau protagonis. Sedangkan unsur ekstrinsik meliputi biografi pengarang, nilai agama, nilai sosial, dan nilai budaya.

Kata Kunci      :Umi Kalsum, Analisis Intrinsik dan Ekstrinsik

LATAR BELAKANG

Cerpen atau cerita pendek merupakan jenis karya sastra yang berbentuk prosa naratif, dalam cerita pendek isi ceritanya langsung kepada tujuannya lebih ringkas ceritanya, cerpen biasanya mengangkat kisah kehidupan,kisah kehidupan seseorang tersebut bisa berupa kesedihan, kesenangan, bahkan pertikaian.

Menurut Panuti Sudjiman (1988) bahwa cerpen adalah cerita rekaan yang menceritakan secara sederhana sebagian kecil dari kehidupan seseorang yang paling menarik atau menonjol, sehingga menimbulkan kesan yang mendalam di hati pembaca.

Dalam cerpen terdapat dua unsur yaitu unsur intrinsik dan ekstrinsik, bahwa unsur intrinsik adalah unsur pembangun dari dalam cerita, sedangkan unsur ekstrinsik adalah unsur pembangun dari luar cerita. Unsur intrinsik meliputi tema, sudut pandang, latar atau setting, tokoh dan penokohan, gaya bahasa, amanat, alur dan pencitraan. Selain unsur intrinsik adapun unsur ekstrinsik seperti biografi pengarang dan nilai-nilai yang terkandung dalam cerpen tersebut.

Dalam kajian ini penulis mengkaji sebuah cerpen yang berjudul Umi Kalsum karya Djamil Suherman, cerpen ini banyak sekali unsur-unsur pembangun. Klimaks dari cerpen ini ketika Umi Kalsum memutuskan untuk mengakhiri hidupnya, walaupun dalam agama bunuh diri  dilarang dan dibenci oleh Allah SWT tetapi kita bisa mengambil kebaikan dari cerpen atau pelajaran bahwa seberat apapun masalah yang dihadapi pasti akan ada jalan keluar karena Allah SWT menguji umatnya tidak diluar batas kemampuan . Selain unsur intrinsik terdapat juga unsur ekstrinsik yang banyak mengandung nilai-nilai kebaikan bagi para pembaca. Maka dalam kajian ini penulis mengkaji analisis inrrinsik dan ekstrinsik.

RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan latarbelakang yang telah dijelaskan, adapun rumusan masalahnya adalah:

  • Bagaimanakah analisis intrinsik cerpen Umi Kalsum?
  • Bagaimanakah analisis ekstrinsik cerpen Umi Kalsum?

TUJUAN PENELITIAN

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline