Lihat ke Halaman Asli

Funpol

Penulis

Presiden Joko Widodo Temui 5 Ketum Partai, Poros Prabowo Jadi Sorotan!

Diperbarui: 3 April 2023   15:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Source: Liputan6

Perkembangan politik jelang pemilu 2024 mendatang selalu menarik untuk dilirik dan ditelaah. Terutama masing-masing partai mulai menunjukkan strategi dan langkahnya secara publik.

Perkembangan politik tentu menjadi sarat bagaimana poros politik di masa depan terlihat. Terutama pada kontestasi pemilu.

Wacana tersebut semakin mengemuka pasca pertemuan 5 ketua umum partai politik dengan Presiden Joko Widodo. Partai tersebut antara lain Prabowo Subianto (Gerindra), Zulkifli Hasan (Partai Amanat Nasional), Mardiono (PPP), Airlangga Hartarto (Golkar), dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengaku sudah ada kesepakatan soal wacana koalisi besar untuk menggabungkan Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) dan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di Pemilu 2024.

Pertemuan tersebut tentu memiliki frekuensi koalisi dan perkembangan politik nantinya. Jika hal tersebut menjadi koalisi besar, maka yang menjadi peluang besar bagi Prabowo Subianto sebagai penentu porosnya.

Tentu secara elektabilitas dan partai yang cukup besar, Menhan Prabowo memiliki porsi besar dan peringkat di atas dibandingkan ketua umum partai lainnya.

Termasuk, deklarasi semakin banyak dan besar yang mengemuka di setiap daerah serta hasil dari berbagai lembaga survei mengkerucut Prabowo Subianto yang paling layak untuk menjadi Capres 2024.

Tinggal menunggu waktu bagi partai lain, termasuk PDI-P harus memberikan respon. Perebutan suara dari Puan Maharani dan Ganjar Pranowo membuat partai banteng ini justru stagnan.

Bukan tidak mungkin, partai PDI-P dengan kekuatan terbesar saat ini  justru akan menjadi pengikut jika terlalu berlarut dan menunggu pergerakan yang sudah didahului lawannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline