Lihat ke Halaman Asli

Funpol

Penulis

Pakai Debt Swap, Utang Indonesia Bakal Dihapus Sampai 5 Trilyun oleh 4 Negara

Diperbarui: 14 Oktober 2022   08:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Source: Pixabay

Pemberitaan di media kali ini ramai membahas terkait pemerintah membeberkan bahwa ada 4 negara yang akan menghapus utang Indonesia melalui program debt swap.

Negara tersebut di antaranya Jerman, Italia, Australia dan Amerika Serikat. Penghapusan utang tersebut jumlahnya gak main-main. Luky Alfirman, Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan mengatakan jumlah tersebut mencapai US$ 303 juta yang jika dirupiahkan mencapai 5 trilyun.

Lucky sendiri mengungkapkan, jika saat ini sudah terealisasikan sebesar US$ 261 juta dengan 175 proyek. Jadi utang yang dihapus tersebut cuma-cuma atau gimana? Sebenarnya, program debt swap itu apasih?

Sobat Funpol.id di Kompasiana, dilansir dari kontan.co.id, Lana Soelistianingsih, Ekonom Samuel Aset Manajemen menjelaskan, debt swap adalah pembayaran utang dengan cara menukar. Pembayaran ini dilakukan tanpa membayar uang ke negara pemberi utang, tetapi membayarkannya dengan cara lain.

Jadi bukan berarti penghapusan itu cuma-cuma ya Sobat! program tersebut menurut penulis hanyalah mekanisme dimana pembayaran tersebut hanya dialihkan. Artinya Indonesia tetap membayar namun dengan cara yang berbeda.

Penggunaan debt swap sendiri bergantung pada kepentingan negara pemberi utang. Begitu juga dengan dengan keputusan utang tersebut akan dialihkan ke program yang memang diputuskan oleh negara pemberi utang tersebut.

Itu mengapa Lucky sendiri menjelaskan pemerintah telah merealisasikan program 175 proyek. Positif dari kebijakan ini pemerintah Indonesia dapat menarik nafas dengan mengatur skema pembayaran.

Namun, secara sisi negatif, bisa saja program yang dipilih oleh negara pemberi hutang dapat memberatkan pemerintah Indonesia dari segi investasi jangka panjang. Bahkan, dapat merugikan di masa depan.

Langkah yang nantinya diambil diharapkan tidak hanya mengurangi dari utang negara yang sudah membengkak hingga Rp 7.163,12 triliun, namun juga dampak program debt swap di Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline