Lihat ke Halaman Asli

Pengendalian Emosi yang Buruk Adalah Suatu Ketidakdewasaan

Diperbarui: 24 Juni 2015   05:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Dia adalah orang yang cukup tangguh di dunia ini. Meski pada awalnya selalu tertinggal, tanpa dengan semangatnya dia bahkan mampu melampaui yang lainnya. Dia menyukai kebersihan. Kebersihan fisik dan juga sikap. Satu kendala terbesarnya adalah kemalasan. Kemalasan terjadi karena tubuhnya tidak semangat untuk beraktifitas. Dan ada beberapa faktor penyebabnya diantaranya:


  1. Makanan yang dikonsumsi tidak sehat. Misalnya junk food, makanan yang mengandung banyak gula, minyal, pewarna, pengawet serta zat adiktif lainnya yang tidak alami.
  2. Sikap ketidakjujurannya, kesombongannya dan sikap-sikap negatif lainnya yang bertentangan dan hatinya.

Dia menyadari bahwa kualitas dirinya sudah semakin jauh dari 100% tapi ia memutuskan untuk tetap hidup dan melakukan segala kehendakknya dengan pertimbangannya sesuai kemampuannya. Cita-citanya dimasa depan adalah menjalani kehidupan yang ideal;layaknya manusia lain.

Dia mempunyai sifat dan sikap yang sangat unik. Dia langka di dunia ini. Dia seorang yang penuh misterius. Dia menyukai kedewasaan. Keinginan itu muncul sekitar semenjak kelas 5 SD. Dia mulai tidak nyaman dianggap sebagai anak kecil yang serba dikomando dan tidak dihargai keputusannya. Sehingga ia mulai merubah sikapnya; perlahan-lahan ia menghilangkan sikap spontanitasnya dan lebih berfikir sebelum bertindak.Sejak kecil ia memang sudah merasakan bahwa dirinya adalah berbeda. Semakin dewasa ia semakin sadar bahwa setiap manusia layaknya baterai yang memiliki dua sisi positif dan negatif.

Menginjak usia SMA ia semakin sering merenung dan melamun. Mungkin 6 dari 24 jam sehari ia isi dengan merenung. Dia mulai menjadi mahkluk anti sosial, meski ia dalam jurusan sosial dalam dunia pendidikannya; bahkan hingga ke perguruan tingginya. Dia sangat diam dan pemdiam. Ia sering merasa telah mampu bersikap lebih dewasa dari orang-orang yang secara usia jauh berada di atasnya. Menurutnya orang-orang dengan pengendalian emosi yang buruk adalah suatu ketidakdewasaan. Egoisme yang melekat kuat pada diri seseorang adalah bukti bahwa dia masih kanak-kanak.

Dia selalu mencari tahu yang sebenarnya akan sumber kekuatannya. Keramaian jelas terbukti telah menguras besar energinya. Terkadang ia sangat berhati-hati hingga lambat sekali melakukan suatu hal. Rasa takut yang berada dihadapannya membuat pandangannya terhalang dan tidak mampu mengetahui apa yang berada di kejauhan.

Dia selalu berdialog dengan dirinya sendiri. Tak pernah seharipun berlalu tanpa dialog dengan pikiran atau hatinya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline