Filsafat pendidikan merupakan ilmu filsafat yang mempelajari hakikat tentang pelaksanaan dan pendidikan. Bahan yang dipelajari meliputi tujuan, latar belakang, cara, hasil, dan hakikat pendidikan itu sendiri.
Metode yang dilakukan adalah dengan menganalisis secara mendalam tentang struktur dan manfaat pendidikan. Filsafat pendidikan berupaya untuk memikirkan permasalahan pendidikan.
Salah satu yang menjadi masalah adalah relasi antara pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran. Berikut adalah metode-metode filsafat pendidikan:
1. Metode positivistik
Metode positivistik atau positivisme yaitu, suatu aliran filsafat yang berpangkal pada sesuatu yang aktif yang didasarkan pada data yang empiris, realistik dan aktual.
Baca juga : Pendidikan: Filsafat dan Radikalisme
Metode ini meyakini bahwa pengetahuan yang paling benar adalah pengalaman hidup.
Maksud dari konsep positivisme yang diarahkan pada kepastian itu, ialah metode ini menggunakan metode dari pengalaman (empiris).
Dan secara otomatis, pengalaman itu kan sudah menjadi kepastian . Jadi metode ini mengambil dari pengalaman (kepastian).
2. Metode Fenomenologis
Metode ini diterjemahkan dari bahasa Yunani yaitu fenomenom artinya tampak, dan logo yaitu kata atau ucapan.