Lihat ke Halaman Asli

Fuad habib

Mahasiswa Uin Sunan Kalijaga

Stop Comparing Your Child

Diperbarui: 8 Maret 2022   06:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Stop membanding-bandingkan anak anda dan Kepribadian unik nya

Salah satu nilai inti hidup Anda

Setiap orang itu unik dan setiap orang layak untuk dihargai. Kedengarannya sangat jauh dan teoretis bagi sebagian orang. Namun kita berbicara tentang salah satu nilai inti hidup Anda di sini. Kita berbicara tentang sepotong keaslian yang tertanam dalam diri kita masing-masing. "Tidak ada orang kedua sepertimu. Ini membuat Anda menjadi bagian tak terpisahkan dari dunia kamu penting"

Sebuah langkah awal

Menemukan kepribadian unik Anda adalah sesuatu yang bahkan tidak Anda lakukan sendiri sejak awal Dimulai dari usia dini dengan bayi yang sangat kecil, Anda sudah dapat melihat bahwa itu adalah anak dengan kepribadiannya sendiri Tidak setiap bayi akan bereaksi sama dan tidak setiap anak dapat dibandingkan dengan apa yang dianggap standar Karena itu, awal kehidupan adalah sesuatu yang dipandang dengan kekaguman.

Ukuran yang dihitung sebagai rata-rata

Saat Anda pergi ke klinik kesehatan anak untuk pertama kalinya dengan anak kecil, Anda sudah dihadapkan dengan sejumlah masalah. Misalnya, ada kriteria yang menunjukkan berapa rata-rata yang harus dipenuhi seorang anak. Ini menyangkut, misalnya, usia rata-rata di mana seorang anak berbalik atau usia rata-rata di mana seorang anak mulai berjalan. Mungkin sudah jelas. Bahkan di kantor konsultasi untuk anak bungsu, anak Anda dibandingkan dengan apa yang dianggap rata-rata.

Membandingkan dengan orang lain 

Sejak saat seorang ibu berhubungan dengan ibu-ibu lain, The Great Comparison dimulai. Ini berarti bahwa para ibu mulai membandingkan anak-anak mereka satu sama lain. Seorang anak dipandang rendah yang baru mulai merangkak dan berjalan di usia yang lebih tua.Keterampilan motorik atau sosial anak-anak orang lain juga diperiksa secara kritis. Anak Anda tidak boleh terlalu rendah diri dari rata-rata. Lagi pula, Anda tidak ingin dianggap buruk sebagai seorang ibu dalam penilaian orang tua lain. Pertanyaannya adalah apakah Perbandingan Besar ini bagus.

Mengapa kamu tidak seperti saudara perempuan atau laki-lakimu?

Anak itu sendiri tidak menyadari pada usia yang begitu muda sehingga terus menerus dibandingkan dengan rata-rata patokan. Selain itu, anak belum menyadari bahwa perbandingan dengan anak lain terus berlangsung Itu berubah ketika anak bertambah besar, Orang tua, terutama mereka yang memiliki lebih banyak anak, akan sering mengeluh 'Kenapa kamu tidak lebih seperti kakak/adikmu saja'. Hal ini sebenarnya secara tidak langsung berarti bahwa anak tidak cukup baik dengan sendirinya. Yang lain memiliki kualitas tertentu yang orang tua lebih suka lihat pada anak yang bersangkutan. Sebuah fondasi sedang diletakkan untuk kehidupan dengan ketidakpastian Ketidakpastian adalah faktor yang menindas dalam hidup Anda Dengan segala sesuatu yang Anda lakukan, Anda bertanya-tanya apakah itu benar, apakah Anda layak, dll.  Anda tidak berani bersikap spontan, tidak bereaksi secara spontan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline