Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Menjaga Kebersihan Pantai

Diperbarui: 12 Agustus 2021   14:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Indonesia adalah negara archipelago (kepulauan) yang terdiri dari ribuan pulau mulai sabang sampai merauke. Sehingga menjadikan Indonesia memiliki garis pantai yang cukup panjang yaitu sekitar 95.181 km. Dengan garis pantai yang panjang tentu saja Indonesia memiliki potensi wisata pantai dan laut yang cukup banyak. Hal ini membuat wisata pantai di Indonesia menjadi favorit wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri. Keindahan pantai menjadi daya tarik wisatawan karena ombak yang menggulung indah dan situasi disekitar yang membuat betah untuk berlama lama di pantai.

Namun, keindahan pantai seakan akan hilang karena masih banyak wisatawan yang lalai akan kebersihan pantai. Masih banyak wisatawan yang membuang sampah sembarang ke luat dan lain sebagainya. Hal ini tentunya akan mengurangi keindahan pantai itu sendiri dan membuat pantai itu menjadi kotor. Seperti yang terjadi di Pantai Balekambang Kab. Malang Jawa Timur. Disana masih terdapat banyak wisatawan yang membuang tidak pada tempatnya. Saya mencoba menanyakan perihal kebersihan pantai kepada salah satu pengunjung pantai tersebut.

Dokpri

Menurut Mas Abdul Rozak, faktor yang mempengaruhi banyak wisatawan yang masih membuang sampah sembarang adalah faktor kesadaran dirinya sendiri. Banyak pengunjung yang kurang sadar tentang kebersihan pantai karena keasikan menikmati keindahan pantai tersebut sehingga menjadikan dia lupa akan kebersihan pantai. 

Terlepas dari masih banyaknya wisatawan yang membuang sampah, menurut Mas Abdul Pantai Balekambang termasuk kategori pantai yang cukup bersih dibandingkan dengan pantai-pantai yang ada di Malang. Karena disini petugas dari pengelola pantai setiap hari rajin membersihkan sampah-sampah yang tersebar dari ujung pantai. Selain itu pedagang atau pemilik kios yang ada disekitaran pantai juga turut berpartipasi menjaga kebersihan di Pantai balekambang. Terlepas dari itu semua, pentingnya kesadaran menjaga kebersihan pantai perlu ditingkatkan agar keindahan pantai tersebut tidak hilang hanya karena terdapat satu sampah.

Dokpri

Diakhir kesempatan, Saya dibantu teman-teman Saya juga ikut berpartisipasi dalam menjaga kebersihan pantai. Kami memunguti sampah-sampah yang tersebar dipantai, setelah itu kami memasukannya ke dalam tas kresek yang besar. Kemudian sampah yang terkumpul tadi kami buang di tempat pembuangan sampah yang ada di sekitar Pantai Balekambang. Dengan harapan agar kebersihan pantai terutaman di Pantai Balekambang dapat terjaga dengan baik dan dapat menjadi destinasi favorit wisatawan di Jawa Timur dengan keindahan pantai dan juga kebersihan pantainya.  

Dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline