Lihat ke Halaman Asli

Fuad Amien

Mahasiswa

Komunikasi di Masa Pandemi Covid-19

Diperbarui: 24 Maret 2021   00:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Semenjak pandemi covid-19 menyerang Indonesia. Dalam kurun waktu tersebut sudah banyak ditemui tren dan peristiwa yang hadir di tengah masyarakat, salah satunya adalah mengenai komunikasi.

Komunikasi menjadi salah satu topik kunci terutama tema sosial dan ekonomi selama masa pandemi diawali dari ditemukanya fakta bahwa covid-19 menular melalui percikan air liur.

Berkat kerjasama dan usaha pemerintah, masyarakat dan tenaga kesehatan, Indonesia masuk dalam fase post pandemic yaitu situasi dimana informasi tentang penyakit sudah terbuka dan masyarakat sedang berada pada tahap adaptasi.

Alasannya selain karena akses informasi yang sudah bebas, masyarakat perlu dipandu dalam memilih mana berita atau informasi yang bisa dipercaya ataupun tidak contohnya program vaksinasi atau informasi vaksin sehingga tercipta stabilitas serta kontrol di dalam masyarakat.

Setelah pembicara selesai, acara berlanjut menjadi sesi tanya jawab kepada para pembicara dengan beberapa pertanyaan menyinggung situasi kondisi ideal komunikasi dalam post pandemic, kesopanan atau civility, dan kebijakan pemerintah terkait program vaksinasi.
Konferensi tanggal 18 Maret 2021 mulai ditutup ketika sesi presentasi makalah dan jurnal ilmiah terkait tema selesai dilaksanakan.

Pada akhirnya adalah bertahan pada masa post pandemic diperlukan kerjasama antara pihak-pihak terkait melalui pengoptimalan teknologi dan informasi sehingga tercipta komunikasi yang transformatif dan adaptif.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline