Lihat ke Halaman Asli

Investasi Digital: Melawan Inflasi

Diperbarui: 11 Agustus 2024   11:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Pinterest

Di era digital yang berkembang pesat, investasi digital menjadi topik yang semakin relevan dan menarik perhatian. Dengan teknologi yang terus mengalami inovasi, peluang untuk berinvestasi secara digital sangat luas. Namun, sebelum terjun ke dalam investasi digital, penting untuk memahami apa sih investasi digital, bagaimana cara kerjanya, dan apa keuntungan dan risikonya.

Apa sih Investasi Digital?

Investasi digital adalah kegiatan menanamkan modal dalam berbagai instrumen keuangan melalui program digital. Berbeda sekali dengan investasi tradisional yang memerlukan pertemuan fisik atau transaksi melalui perantara. Investasi digital memungkinkan investor untuk melakukan semua proses secara online. Instrumen investasi digital bisa meliputi saham, obligasi, reksa dana, cryptocurrency, dan aset digital lainnya.

Jenis-Jenis Investasi Digital

1. Saham

Sumber: Output

 

Menurut Bursa Efek Indonesia (BEI), saham adalah salah satu investasi yang paling terkenal. Melalui media trading online, investor dapat membeli dan menjual saham perusahaan publik dengan mudah. Keunggulan dari investasi adalah kemudahan akses dan biaya transaksi yang lebih murah dibandingkan dengan cara konvensional. Contoh saham, seperti saham BCA (BBCA), saham BRI (BBRI), saham BNI (BBNI), dan saham yang lainnya.

2. Cryptocurrency

Sumber: Pinterest

Cryptocurrency telah menjadi salah satu investasi digital yang paling menonjol, terutama di kalangan anak muda. Menurut Kumparan, Cryptocurrency adalah mata uang digital yang dijamin dengan kriptografi, sehingga membuatnya hampir tidak mungkin dipalsukan atau digandakan yang terdesentralisasi teknologi blockchain. Walaupun memiliki volatilitas tinggi, cryptocurrency mempunyai potensi keuntungan yang tinggi bagi investor yang memiliki toleransi risiko tinggi. Contoh dari cryptocurrency seperti Bitcoin, Etherium, Solana, dan lainnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline