Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Menerapkan Manajemen Keuangan

Diperbarui: 19 Agustus 2024   10:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Manajemen Keuangan Pribadi adalah dimana seseorang mampu untuk mengolah pemasukan dan pengeluaran yang setiap bulan dipakai masing -- masing individu. Banyak cara untuk mengolah yang setiap individu bisa terapkan dengan cara membuat perencanaan, pengolahan, pemeriksaan dan penyimpanan dan masih banyak cara lagi untuk manajemen keuangan pribadi yang bisa digunakan untuk diri sendiri. Dimana manajemen pribadi sangat penting demi kehidupan kita. Dibawah ini beberapa contoh cara manajemen keungan pribadi sebagai berikut:

Pertama, biasanya orang membuat perencanaan keuangan agar kita tahu apa saja yang akan dibutuhkan kedepannya dalam kehidupan kita. Seperti contoh, kita bisa membuat perencanaan seperti dana darurat. Dana darurat ialah dana yang disimpan untuk kebutuhan darurat yang terjadi secara tiba-tiba dan tidak bisa direncanakan. 

Dana darurat tersebut sangatlah penting untuk kehidupan kita, karena kita tidak pernah tahu kedepannya apa yang terjadi dikehidupan kita. Secara apa yang terjadi ini jika tidak disiapkan akan bakal tidak tertata sama sekali bahkan bisa rencana kita kedepannya bisa saja tidak terlaksana.  

Kedua, yang bisa diterapkan yaitu dengan cara pengolahan, setiap orang pasti mampu untuk mengolah sumber dana yang didapatkan setiap bulannya. Pengolahan sumber dana bisa dengan cara kita mendahulukan kebutuhan penting terlebih dahulu daripada keinginan kita. Karena akan lenih pentingnya mendahulukan kebutuhan daripada keinginan. 

Ketiga, orang yang biasa diterapkan yaitu dengan cara pemeriksaan. Dengan cara pemeriksaan kita bisa tahu pemasukan dan pengeluaran yang kita dapatkan dan digunakan. 

Sebagaimana mestinya manusia jika tidak menerapkan pemeriksaan maka akan banyak sekali pengeluaran yang digunakan untuk membeli barang yang tidak terlalu penting untuk kebutuhan. Dari sinilah menerapkan manajemen keuangan jadi hal perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Keempat yaitu penyimpanan. Penyimpanan adalah menyisihkan Sebagian pendapatan untuk dikelola dan disimpan. Penyimpanan yang bisa diterapkan bisa dengan cara 50% untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk memenuhi keinginan pribadi. 20% untuk disimpan dan 10%untuk kebutuhan darurat. Penerapan cara diatas biasa sudah sangat cocok untuk diterapkan dalam kehidupan kita. Karena pada dasarnya setiap orang juga mempunyai kebutuhan kehidupan yang berbeda juga dalam manusia satu sama lainnya.

Diatas adalah beberapa contoh Penerapan Manajemen Keuangan Pribadi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline