Lihat ke Halaman Asli

Bangkit Lebih Kuat, Pulih Lebih Cepat, Melalui Ekonomi Digital Syariah

Diperbarui: 12 Desember 2022   01:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Imbasnya pandemi Covid-19 yang begitu luar biasa, terutama ekonomi masyarakat yang sangat terpuruk bagi masyarakat kecil menengah dengan penghasilan rendah dalam menafkahi keluarganya sehari -hari.

Namun demikian, kita tidak bisa menyerah begitu saja karena hidup terus berlanjut dan kebutuhan untuk hidup terus berjalan walau ekonomi sedang sulit pasti ada jalan keluar. Dengan adanya pandemi Covid-19, kita harus terus berfikir mencari jalan keluar untuk terus berusaha dan jangan sampai makin terpuruk.

Di era digitalisasi sekarang ini, kita jadikan langkah baru dalam berusaha meningkatkan Ekonomi masyarakat melalui usaha atau berjualan secara online.

Disinilah peran serta pemerintah hadir, untuk memberikan solusi modal bagi masyarakat kecil serta mendorong agar masyarakat cerdas dalam menyikapi keadaan.

Pemerintah harus memberikan pinjaman modal dengan bunga rendah atau bahkan dengan cara pinjaman syariah melalui Bank Syariah milik pemerintah agar masyarakat tidak terbebani dengan bunga yang besar.

Kemajuan teknologi digital menjadi salah satu pendorong penciptaan ekosistem ekonomi syariah digital serta industri fintech syariah.

Seperti yang ditekankan oleh wakil presiden K. H. Ma'ruf Amin. Untuk memanfaatkan teknologi digital dan meningkatkan perekonomian dengan keuangan syariah, khususnya di tengah pandemi Covid-19.

Bagi masyarakat harus pintar memilih jenis usaha yang akan dijalaninya, bisa melalui UMKM, atau pribadi sesuai keahlian masing-masing.

Serta pemerintah harus hadir dan berkewajiban memberikan solusi dan jalan keluar dengan cara memberikan bantuan pinjaman modal tanpa agunan dengan cara-cara syariah atau dengan mekanisme bagi hasil sesuai perjanjian dan ketentuan yang sudah diatur oleh pemerintah untuk kebaikan masyarakat atau umat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline