Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Manajemen Keuangan bagi Perusahaan

Diperbarui: 29 Juni 2021   17:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Banyak yang mengetahui betapa pentingnya Manajemen Keuangan bagi Perusahaan. Tetapi apakah anda tahu apa yang membuat Manajemen Keuangan tersebut sangat penting bagi Perusahaan?

Menurut J.F. Bradley dalam buku Administrative Financial Manajemen mengemukakan "Manajemen Keuangan adalah bidang manajemen yang memiliki tujuan untuk digunakan secara bijaksana dan seleksi yang saksama dari sumber-sumber modal untuk memungkinkan adanya unit pengeluaran untuk dapat bergerak ke luar mencapai tujuan".

Jadi seberapa pentingnya Manajemen Keuangan Perusahaan?

Adanya Manajemen Keuangan bagi Perusahaan sangaag penting. Karena manajemen keuangan mengatur aktivitas atau kegiatan perusahaan yang berhubungan dengan cara memperoleh pendanaan untuk modal kerja perusahaan, setelah itu penggunaan dan pengalokasian dana tersebut, serta mengelola aset yang dimiliki oleh perusahaan agar tujuan perusahaan dapat tercapai secara maksimal.
Agar mencapai tujuan yang maksimal, manajemen keuangan juga menerapkan untuk setiap perusahaan memiliki tiga aktivitas utama yang harus dilakukan oleh manajer keuangan, aktivitas tersebut adalah:
1. Perolehan dana.
2. Aktivitas penggunaan dana.
3. Pengelolaan aktiva.

Ketiga hal tersebut berkaitan dengan sumber dana internal maupun eksternal perusahaan. Selain itu terdapat juga modal kerja dan kepemilikan saham.

Dengan demikian, pentingnya Manajemen Keuangan bagi perusahaan karena dapat mempengaruhi kelancaran dari perusahaan itu sendiri.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline