Lihat ke Halaman Asli

Pengangguran

Diperbarui: 16 Februari 2023   07:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh negara negara berkembang seperti Indonesia adalah masalah pengangguran.Perlu kalian ketahui pengangguran adalah suatu keadaan yang dimana seseorang itu tergolong dalam kategori angkatan kerja yang tidak memiliki pekerjaan.Dapat kata lain pengangguran merupakan salah satu masalah makroekonomi yang akan menimbulkan masalah-masalah sosial lainnya.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) dalam indikator ketenagakerjaan, pengangguran adalah penduduk yang tidak bekerja namun sedang mencari pekerjaan atau sedang mempersiapkan suatu usaha baru atau penduduk yang tidak mencari pekerjaan karena sudah diterima bekerja tetapi belum mulai bekerja.

Pengangguran merupakan permasalahan kekal yang tidak pernah teratasi oleh suatu negara termasuk Indonesia.Tingkat pengangguran yang semakin tinggi akan berpengaruh pada tidak optimalnya sumber daya dan potensi yang ada,yang dimana lain akan menjadi beban keluarga ataupun masyarakat,selain itu orang yang tidak mempunyai pekerjaan atau yang sering di sebut dengan pengangguran.pengangguran juga merupakan pemicu atau sumber utama dari kemiskinan.

Berikut adalah jumlah data pengangguran di Indonesia dari tahun ke tahun
2012:6.560%
2013:6.140%
2014:6.250%
2015:5.940%
2016:6.180%
2017:5.610%
2018:5.500%
2019:5.240%
2020:5.180%
2021:7.070% turun menjadi 6.490%
2022:5.860%llp

Penyebab pengangguran di Indonesia penting untuk dipahami karena pengangguran dapat menjadi masalah tersendiri bagi suatu negara,yang pertama yaitu jumlah penduduk yang meledak di Indonesia dan tidak dibarengi dengan perkembangan lapangan pekerjaan yang menyebabkan semakin banyak lulusan muda yang menganggur menunggu pekerjaan tersedia.

Faktor yang kedua yaitu kurangnya pendidikan dan pengetahuan,Kurangnya tingkatan pendidikan akan menyebabkan seseorang menjadi sulit untuk dijadikan sebagai tenaga kerja. Masih banyak faktor yang memicu pengangguran di antara lain yaitu kemajuan teknologi,adanya PHK,Besarnya angkatan kerja tidak seimbang dengan kesempatan kerja dan masih banyak yang lainnya.

Dampak dari pengangguran yaitu:
*Meningkatkan kemiskinan.
*Memicu tindakan kriminalitas atau kejahatan.
*Munculnya ketidaksetaraan politik dan sosial.
*Menjadi beban psikologis bagi pengangguran itu sendiri atau keluarga yang bersangkutan.
*Keterampilan menurun karena lama tidak digunakan.

Dari dampak diatas yang akan terjadi saat meningkatnya angka pengangguran di Indonesia.Oleh karena itu kita harus mencari solusi untuk mengatasi kenaikan angka pengangguran dengan cara:
*menambah jumlah lowongan pekerjaan
*meningkatkan kualitas dan pemerataan pendidikan
*mendirikan pusat pusat latihan kerja

Dengan hal ini Pemerintah juga harus berupaya mencari solusi agar tingkat pengangguran di Indonesia menjadi rendah.Dari sisi lain masyarakat juga harus ikut serta dalam menanggulangi pengangguran seperti halnya ikut serta dalam pelatihan kerja.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline