Saat ini persaingan usaha sudah sangat ketat, banyaknya para pelaku usaha baru yang berdatangan membuat para pelaku usaha harus memutar otak agar produk yang mereka jual mampu diminati para konsumennya.
Oleh karena itu para pelaku usaha harus mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman yang semakin pesat dimana teknologi menjadi kunci utama dalam setiap aktivitas.
Namun tentunya tidak semua kalangan mampu mengoperasikan gadget atau alat digital dengan baik. Tentunya jika hal ini terus dibiarkan maka pelaku usaha tersebut akan tertinggal dan bukan tidak mungkin lama kelamaan usaha mereka terancam bangkrut.
Berdasarkan sumber dari Badan Pusat Statistik Kota Tasikmalaya bahwa laju pertumbuhan PDRB Seri 2010 Menurut Lapangan Usaha (Persen) pada tahun 2019 sebesar 5,97 dan pada tahun 2020 -2,01. Sedangkan pada tahun 2021 naik menjadi sebesar 3,57.
Hal ini menunjukan bahwa laju pertumbuhan lapangan usaha di kota Tasikmalaya cenderung naik turu dan tidak stabil. Maka diharapkan Ketika para pelaku usaha mampu memanfaatkan dunia digital sebagai alat untuk memasarkan produk mereka laju pertumbuhan pun ikut naik.
Melihat situasi tersebut, para mahasiswa UPI Kelompok 174 yang sedang melaksanakan KKN TEMATIK 2022 pun melakukan pendataan serta mewawancarai para pelaku usaha. Sasaran para pelaku usaha yakni di sekitar wilayah RW 03 Kelurahan Talagasari Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya.
Hasilnya pun diperoleh bahwa sebagian besar pelaku usaha masih kesulitan untuk melakukan pemasaran secara online serta kebingungan tentang penggunaan e-commerce.
Selanjutnya, para mahasiswa pun melakukan pendampingan dengan para pelaku usaha yang dilaksanakan dengan memberikan pematerian mengenai pentingnya dan manfaat pemasaran online. Hal ini dilakukan agar pelaku usaha menjadi sadar dan mengetahui bahwa sangat penting jika kita menggunakan pemasaran online.
Setelah itu para mahasiswa bersama pelaku usaha memulai praktek untuk mendaftar di e-commerce. Seperti kita ketahui bahwa banyak sekali manfaat jika suatu usaha mmanfaatkan e-commerce untuk berjualan, diantaranya:
1. Dapat Memperluas Jangkauan Pasar