Lihat ke Halaman Asli

Kesimpulan Day 1-4 PKKM UDS dan Kesan

Diperbarui: 5 September 2024   18:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Day 1 (Senin, 2 September 2024)

Hari pertama mahasiswa baru menjalani serangkaian aktivitas yang dirancang untuk mengenalkan mahasiswa baru pada lingkungan kampus dan kehidupan akademik yang akan mahasiswa baru jalani. Pkkmb dimulai dengan pembukaan bersamaan rektor, pengurus yayasan dan dosen-dosen, seletelah itu, dilanjut dengan  campus tour, dan sambutan dari pihak universitas yang menjelaskan tujuan dan harapan dari kegiatan ini. Mahasiswa baru kemudian diperkenalkan pada berbagai aspek kehidupan kampus, termasuk sistem akademik, kurikulum, dan peraturan yang berlaku. Mahasiswa baru juga dikenalkan dengan semua UKM.

Day 2 (Selasa, 3 September 2024)

Dilanjut dihari kedua, mahasiswa baru mendapatkan materi tentang PKM (Program Kreativitas Mahasiswa), Subtansi Hak dan Kewajiban Warga Negara Dalam Negeri, dan PKS (Pencegahan Kekerasan Seksual). Mahasiswa baru juga diberi tantangan oleh panitia untuk meminta tanda tangan semua panita, minimal 40 tanda tangan panitia. Hari kedua ini mahasiswa baru juga dikenalkan dengan semua himpunan, BEM, dan DPM.

Day 3 (Rabu, 4 September 2024)

Hari ketiga ini mahasiswa baru mendapatkan materi dari polres Jember dengan tema Pembinaan dan Penyuluhan Bahaya Penyalagunaan Narkoba. Dan mahasiswa baru juga mendapatkan materi tentang Sistem Informasi Akademik EDUFECTA, agar mahasiswa baru dapat mengerti seperti cara pembayaran kuliah, melihat jadwal matkul, melihat tugas-tugas kuliah yang diberikan oleh dosen, dll. Setelah itu mahasiswa baru menampilkan yel-yel dari kelompok sendiri-sendiri dan dilanjut dengan cerdas cermat. Mahasiswa baru juga melanjutkan untuk mencari tanda tangan-tanda tangan panitia seperti hari kedua tersebut.

Day 4 (Kamis, 5 September 2024)
Dihari terakhir ini atau hari keempat mahasiswa baru tidak mendapat materi, tetapi mahasiswa baru mengikuti kegiatan senam pagi dan outbound. Setelah itu mahasiswa baru menyaksikan presentasi lomba poster perkelompok yang lolos ke tahap semifinal.

Kesan selama PKKMB
•Pemahaman mendalam tentang kampus
•Koneksi sosial yang terbentuk
•Semangat dan motivasi
•Proses adaptasi yang berharga




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline