Lihat ke Halaman Asli

Frida Ayu Kristanti

Mahasiswa/Universitas Diponegoro

Mahasiwa KKN Tematik UNDIP X UNICEF Lakukan Sosialisasi Kerugian dan Keuntungan Imunisasi

Diperbarui: 1 September 2022   01:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Adanya pandemi Covid-19 mengakibatkan pelaksanaan imunisasi rutin tidak dapat berjalan optimal. Data beberapa tahun terakhir menunjukkan terjadinya penurunan cakupan imunisasi rutin, baik itu imunisasi dasar maupun imunisasi lanjutan, yang cukup signifikan. 

Hal ini menyebabkan jumlah anak-anak yang tidak mendapatkan imunisasi rutin lengkap sesuai usia semakin bertambah banyak. Dampak dari penurunan cakupan tersebut dapat kita lihat dari adanya peningkatan jumlah kasus PD3I dan terjadinya Kejadian Luar Biasa atau KLB PD3I seperti campak, rubela dan difteri di beberapa wilayah.

Upaya penting dalam mencapai eliminasi campak-rubela/CRS, selain penguatan imunisasi rutin tentunya, adalah dengan melaksanakan pemberian imunisasi tambahan campak-rubela yang sifatnya massal dan tanpa memandang status imunisasi sebelumnya bagi sasaran prioritas yang telah ditetapkan. 

Begitu juga dengan pencapaian eradikasi polio global, dibutuhkan upaya imunisasi kejar IPV1 untuk menutup kesenjangan imunitas dan memastikan anak-anak terlindungi dari virus polio tipe 2. 

Selain itu, Indonesia juga perlu melakukan langkah yang serius untuk menekan KLB PD3I yang saat ini telah mulai terjadi di masyarakat agar tidak menjadi masalah baru di tengah-tengah pandemi yang belum juga berakhir.

Sehubungan dengan hal itu, dibutuhkan suatu upaya kolaboratif terintegrasi yang dapat mengharmoniskan kegiatan imunisasi tambahan dan imunisasi kejar guna menutup kesenjangan imunitas di masyarakat. Upaya tersebut dilaksanakan melalui kegiatan yang dinamakan Bulan Imunisasi Anak Nasional.

dokpri

Boyolali, Adanya Bulan Imunisasi Anak Nasional yang juga di selenggarakan di salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yaitu Boyolali. Tim KKN Tematik Undip x Unicef dengan Tema Percepatan Imunisasi Kejar & BIAN Kabupaten Boyolali ditempatkan di salah satu Kecamatan di Kabupaten Boyolali, yaitu Kecamatan Banyudono. 

Dikhususkan untuk KKN Tematik dengan Tema Percepatan Imunisasi dalam Rangka Mendukung Program KEJAR & BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) Tahun 2022 tentunya Tim KKN Tematik Undip perlu berfokus pada percepatan imunisasi pada Balita.

Bekerja langsung dibawah Puskesmas Banyudono 1, Tim KKN Tematik membantu percepatan BIAN pada 9 Kelurahan yang di bawahi oleh Puskesmas dari mulai pendataan sasaran, input data, membantu mobilisasi saat pelaksanaan vaksinasi berlangsung dan sosialisasi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline