Pada dasarnya pidato, kampanye, dan propaganda merupakan bentuk-bentuk komunikasi antarmanusia yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menggunakan teknik dan metode tertentu pula.
Hal ini membawa permasalahan ke masalah berkomunikasi populer/popularisasi tentang suatu masalah.
kampanye adalah keinginan seseorang untuk mempengaruhi kepercayaan dan tingkah laku orang lain dengan
daya tarik yang komunikatif. Tujuan kampanye adalah menciptakan ‘perubahan’ atau ‘perbaikan’ dalam
masyarakat..
bahwa kampanye mengikuti proses komunikasi dan unsur-unsurnya, yaitu :
Proses Rasionalisasi/Emosionalitas. Proses rasional yaitu apa yang secara harfiah disampaikan dalam suatu
kegiatan komunikasi. Proses emosional yang “sekedar” tersirat dalam penyampaian informasi.
Proses rasionalitas biasanya terjadi waktu orang membahas hal-hal yang tidak terlalu melibatkan
kepentingan pribadinya sehingga konsensus mudah tercapai. Unsur rasionalitas adalah proses
pengoperan lambang-lambang secara harfiah dan proses komunikasi ialah proses emosionalitas yang mengiringi informasi
rasional tadi. Tingkat emosionalitas dapat dideteksi melalui : pilihan kata dan tanda penyampaian.
Hal lain yang berkaitan dengan proses rasionalitas adalah anteseden yaitu sumber pengalaman
yang mendahului.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H