Assalamualaikum Wr.Wb
Pertemuan ke 9 ini saya berhalangan hadir di mata kuliah olympism. Tapi saya tidak lupa untuk membuat resume. Pertemuan ke 9 ini membahas tentang "Penerapan Olympisme Untuk Membangun Organisasi Yang Sukses". Paradigma utama membangun organisasi yang sukses berawal dari Organisasià BisnisàHarus Dikelola Profesional. Bisnis adalah
- Proses terintegrasi dan interaktif yang dipengaruhi oleh keputusan strategis dalam organisasi
- Setiap keputusan mempengaruhi seluruh kesuksesan organisasi (matrial/non matrial).
Organisasi juga harus memiliki Visi dan Misi yang Jelas.
- VISI : "Pernyataan visioner & strategis tentang "bisnis apa" yang ingin dikembangkan oleh organisasi "
- MISI : "Pernyataan yang menjelaskan statement tentang "eksistensi bisnis" yang diharapkan" dan " bagaimana bisnis akan di laksanakan ".
Misi Yang Efektif adalah
- Merupakan difinisi bisnis dasar/utama dari organisasi.
- Target/spesifik pasar atau landasan pelaksanaan organisasi.
- Filosofi dasar, atau nilai utama dari organisasi.
Untuk mencapai sebuah organisasi yang sukses dibutuhkan sumberdaya sebagai Faktor dari Produksi : Sumber daya manusia ,Sumber daya fisik seperti Tanah, gedung , peralatan & bahan baku /material, Sumberdaya keuangan dan Informasi. Produktifitas :Rasio antara produk & layanan yang di hasilkan dengan sumberdaya yang di pergunakan.Kreatifitas :Pembaruhan dan Paradigma /Pola Pikir Dan Perilaku. Sedangkan Inovasi :Pendekatan baru dan alternatif yang membangun kreatifitas Berpikir.
Meningkatkan Komitmen Jajaran Dalam Organisasi seperti :
- Peduli terhadap pekerjaan dan cara bekerja
- Selalu bangga terhadap pekerjaannya
- Komitmen kepada pekerjaannya dan organisasi
- Dedikasi dan konsentrasi
- Termotivasi untuk melakukan yang terbaik secara maksimal
Untuk meningkatkan komitmen jajaran diperlukan :
- Kewenangan - keterlibatan dalam keputusan -membuat keputusan dan tanggung jawab
- Perusahaan - mendukung pelatihan
- Kompensasi yang kreatif dan pembinaan karier
- Pemanfaatan secara maksimal talenta tenaga kerja
- Memahami dan memenuhi kebutuhan dan harapan tenaga kerja
Cara Mengukur Performansi adalah Peningkatan Performansi Keuangan,Memenuhi Kebutuhan Pelanggan ,Mengembangkan kualitas produk dan layanan ,Mendorong Inovasi dan kreativitas dan Peningkatan komitmen jajaran/pegawai .
Jadi,bisa disimpulkan untuk membangun organisasi yang sukses diperlukan:
- Visi dan Misi yang jelas
- Sumberdaya yang mencukupi survive,berkembang & berkompetisi
- Kemampuan menghasilkan keluaran sesuai harapan (prestatif,excelence)
- Kemampuan memenuhi harapan berbagai pihak yang terkait (stake holders)
- Kemampuan kreativitas dan inovasi untuk terus berkembang
- Nilai nilai & budaya organisasi yang kondusif , produktif dan
pembelajar
Organisasi yang sukses memiliki 3 indikator,yaitu: