Lihat ke Halaman Asli

Penerapan Olympisme Untuk Membangun Organisasi Yang Sukses

Diperbarui: 24 Juni 2015   05:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Assalamualaikum Wr.Wb

Pertemuan ke 9 ini saya berhalangan hadir di mata kuliah olympism. Tapi saya tidak lupa untuk membuat resume. Pertemuan ke 9 ini membahas tentang "Penerapan Olympisme Untuk Membangun Organisasi Yang Sukses". Paradigma utama membangun organisasi yang sukses berawal dari Organisasià BisnisàHarus Dikelola Profesional. Bisnis adalah


  • Proses terintegrasi dan interaktif yang dipengaruhi oleh keputusan strategis dalam organisasi
  • Setiap keputusan mempengaruhi seluruh kesuksesan organisasi (matrial/non matrial).


Organisasi juga harus memiliki Visi dan Misi yang Jelas.


  • VISI : "Pernyataan visioner & strategis tentang "bisnis apa" yang ingin dikembangkan oleh organisasi "
  • MISI : "Pernyataan yang menjelaskan statement tentang "eksistensi bisnis" yang diharapkan" dan " bagaimana bisnis akan di laksanakan ".


Misi Yang Efektif adalah


  1. Merupakan difinisi bisnis dasar/utama dari organisasi.
  2. Target/spesifik pasar  atau  landasan pelaksanaan organisasi.
  3. Filosofi dasar, atau nilai utama dari organisasi.


Untuk mencapai sebuah organisasi yang sukses dibutuhkan sumberdaya  sebagai  Faktor dari Produksi : Sumber daya manusia ,Sumber daya fisik seperti Tanah, gedung , peralatan & bahan baku /material, Sumberdaya keuangan dan Informasi. Produktifitas :Rasio antara  produk & layanan yang di hasilkan  dengan sumberdaya yang di pergunakan.Kreatifitas :Pembaruhan dan  Paradigma /Pola Pikir Dan Perilaku. Sedangkan Inovasi :Pendekatan baru dan alternatif yang  membangun kreatifitas Berpikir.

Meningkatkan Komitmen Jajaran Dalam Organisasi seperti :


  • Peduli terhadap pekerjaan dan cara bekerja
  • Selalu bangga terhadap pekerjaannya
  • Komitmen kepada pekerjaannya dan organisasi
  • Dedikasi dan konsentrasi
  • Termotivasi untuk melakukan yang terbaik secara maksimal


Untuk meningkatkan komitmen jajaran diperlukan :


  • Kewenangan - keterlibatan dalam keputusan -membuat keputusan dan tanggung jawab
  • Perusahaan - mendukung pelatihan
  • Kompensasi yang kreatif dan pembinaan karier
  • Pemanfaatan secara maksimal talenta tenaga kerja
  • Memahami dan memenuhi kebutuhan dan harapan tenaga kerja


Cara Mengukur Performansi adalah Peningkatan Performansi Keuangan,Memenuhi Kebutuhan Pelanggan ,Mengembangkan kualitas produk dan layanan ,Mendorong Inovasi dan kreativitas dan Peningkatan komitmen jajaran/pegawai .

Jadi,bisa disimpulkan untuk membangun organisasi yang sukses diperlukan:


  1. Visi dan Misi yang jelas
  2. Sumberdaya yang mencukupi survive,berkembang & berkompetisi
  3. Kemampuan menghasilkan keluaran sesuai harapan (prestatif,excelence)
  4. Kemampuan memenuhi harapan berbagai pihak yang terkait (stake holders)
  5. Kemampuan kreativitas dan inovasi untuk terus berkembang
  6. Nilai nilai & budaya  organisasi yang kondusif , produktif dan


pembelajar

Organisasi yang sukses memiliki 3 indikator,yaitu:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline