Lihat ke Halaman Asli

Yudel Neno

Penenun Huruf

Bila Bersama Saudara Hidup Rukun

Diperbarui: 28 September 2018   18:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Fr. Yudel Neno

(Alumnus Fakultas Filsafat Unwira Kupang)

 A. Teks Kitab Suci Yang Menginspirasi Tulisan ini

Tulisan ini merupakan sebuah permenungan lanjut atas teks Kitab Mazmur 133:1-3. Walaupun diakui bahwa konteksnya berbeda tetapi sekiranya hikmahnya dapat dipetik bahwa bila sesama-saudara hidup rukun, situasi seperti itu makin menyatakan berkat Allah dan makin menunjukkan Allah sebagai sumber perdamaian.

Mazmur 133 ini merupakan nyanyian ziarah Daud. Menurut catatan dari Alkitab edisi studi, khususnya pada Kitab Mazmur 120:1 mengartikan nyanyian ziarah dengan kata "naik". Yang dimaksudkan dengan "naik" adalah naik ke puncak bukit Sion. Nyanyian ziarah ini dilantunkan ketika orang-orang Israel mendaki bukit Zion untuk bersyukur kepada Allah atas kelimpahan rahmat yang telah mereka alami.

Hikmahnya bagi kita, sebagai umat kristiani, dalam kaitannya dengan membangun kerukunan antarumat beragama adalah memandang penganut agama lain sebagai sama saudara yang bergerak menuju wujud tertinggi yang sama yakni Allah. Dalam kerangka pemikiran seperti inilah tulisan ini mau dibedah.

B. Arti Kerukunan

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefenisikan kerukunan dengan banyak arti. Rukun berarti (1 ) Baik dan damai, tidak bertengkar; tentang pertalian persahabatan. (2) Bersatu hati; bersepakat; ragam.(3) Perkumpulan berdasarkan tolong-menolong dan persahabatan. Dari kata rukun, diturunkan kata kerukunan yang berarti (1) Perihal hidup rukun; keragaman; kesepakatan; (2) perasaan rukun (bersatu hati).  

C.Kerukunan Antarmat Beragama

Agama manapun tidak pernah mengajarkan atau melayakkan para penganutnya melakukan kejahatan terhadap sesama penganut agama lainnya. Hanya kecuali ada kekeliruan atau salah tafsir terhadap ajaran tertentu.

Butir-butir pembahasan di bawah ini sekiranya membantu kita untuk memahami dan menghayati kerukunan sebagai way of life dalam konteks pluralitas religius masyarakat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline