Lihat ke Halaman Asli

Laporan Lokakarya Orientasi Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 10 Kabupaten Tana Toraja

Diperbarui: 4 April 2024   00:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

gambar pribadi

Kegiatan Lokarya orientasi dilaksanakan dalam mode luring pada  hari sabtu tanggal 23 Maret 2024 di  SMAS Pesantren Pembangunan Muhammadya.  Kegiatan  lokakarya ini terbagi kedalam 2 sesi, Dimana sesi pertama berlangsung dari pukul 08.00 s/d pukul 12.00 Wita dan sesi kedua berlangsung dari pukul 13.00 s/d pukul 17.00 Wita.

1. PESERTA

Peserta yang hadir dalam lokakarya ini teridiri dari 34 orang CGP, 7 orang Pengajar Praktik, Kepalah sekolah masing masing CGP, 3 orang unsur pengawas,Kepala dinas Pendidikan Kabupaten Tana Toraja, Kepala cabang  Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, 3 orang Panitia dari BBGP Sulawesi Selatan, 3 Orang Panitia dari Diknas Pendidikan Kabupaten Tana Toraja dan Koordinator guru  penggerak  kabupaten Tana Toraja

2. AKTIVITAS PEMBELAJARAN

a. Pembukaan

Acara pembukaan dipandu Oleh Ibu Perawati Patiung S.Pd, yang  diawali  doa, menyanyi lagu Indonesia Raya dan Mars Guru Penggerak lalu dilanjutkan dengan sambutan dari BBGP provinsi Sulawesi Selatan, Kepala cabang dinas provinsi Sulawesi selatan dan Kepala dinas Pendidikan Kabupaten Tana Toraja sekaligus membuka lokakarya orientasi.Acara kemudian dilanjutkan dengan arahan dari coordinator guru Penggrak tana toraja Bpk Yulius  Roma Pantandean S.Pd

b. Penjelasan tujuan dan agenda serta paparan program guru penggerak

Agenda ini dipandu Oleh Bpk Destianto Pasa'bi S.Pd yang disi dengan perkenalan para pengajar praktik dan dilanjutkan dengan penjelasan tujuan dan agenda serta paparan program guru penggerak

c. Perkenalan diri CGP

Kegiatan ini di pandu oleh Ibu Yuliana Manglalan dengan membawakan model perkenalan diri dalam bentuk games.

d. Kesepakatan Kelas

Pada sesi ini dan sesi sesi selanjutnya  CGP  dikelompokkan kedalam 3 kelompok kelas. Kelas A dipandu oleh PP Frengki Dermus Linthin, S.Pd, BpK Desti anto Pasa'bi S.Pd serta Ibbu Perawati Patiung, S.Pd. sementara kelas B di pandu oleh PP bpk Agustinus salu, S.Pd  dan Bpk Alfris Saladan S.Pd. Kelas C di pandu oleh PP Bpk Aminuddin dan Ibu Yuliana. Kegiatan penyusunan Kesepakatan dan kegiatan-kegiatan selanjutnya dilaksanakan di kelas masing-masing.

e. Harapan dan kekuatiran

Pada sesi ini CGP, kepala sekolah dan pengawas mengutarakan harapan dan kekuatiran yang mungkin dihadapi pada saat menjalani Pendidikan guru pengggerak. Setelah itu mereka merumuskan strategi untuk mewujudkan harapan dan meminimalkan kekutiran.

f. Perjalanan  Calon guru Penggerak

Pada sesi ini CGP diberikan gambaran mengenai Program PGP dan perjalanan Program dalam 6 bulan masa Pendidikan.Sesi ini ditutup dengan membuat kesepakatan  peran antara guru dan kepalah sekolah

g. Posisi diri

Pada sesi ini CGP mengindentifikasi posisi diri  dan evaluasi kompetensi diri melalui asesmen kompetensi CGP

h.Rencana Pengembangan Diri

Pada sesi ini CGP membuat rencana pengembangan diri dan mempersentasekannya di depan CGP yang lain.

i. Pengenalan portofolio

CGP diberikan gambaran tentang portofolio digital dan jenis tugas yang akan diinput dalam portofolio tersebut.

j.Refleksi dan Penutup

Pada sesi ini CGP dan PP melakukan kegiatan refleksi bersama.Khusus dikelas kami kelas A.Refleksi dituangkan secara tertulis pada media jamboard

3. Produk Yang dihasilkan

Kesepakatan Peran CGP dan Kepala sekolah

Peta posisi diri

Rencana Pengembangan diri

4.Ketercapaian Tujuan Belajar

CGP dapat mengidentifikasi  dan memaparkan harapan,kekuatiran dan strategi dengan baik

CGP dapat mengidentifikasi posisi diri dan mengevaluasi kompetensi  dengan baik

CGP dapat merumuskan dan menyampaikan rencana pengembangan kompetensi diri dengan baik

5. Kesimpulan dan refleksi pembelajaran

Lokakarya ini dapat berjalan dengan baik karena adanya Kerjasama yang baik antara panitia, PP dan CGP. Adanya antusias yang besar dari CGP memberikan semangat besar bagi saya sebagai PP dalam memandu setiap sesi dalam lokakarya ini. Beberapa kekuatiran yang sempat diutarakan CGP dapat diatasi oleh CGP bersangkutan lewat strategi dan rencana pengembangan diri telah dirumuskan. Lokakarya perdana ini juga memberikan pengalaman tersendiri bagi saya karena merukan pengalaman pertama bagi saya dalam memandu guru lain,berkata adanya dukungan dari keluarga dan rekan Pengajar praktik yang lain saya dapat melaksanakan kegiatan ini dengan baik.

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline