Lihat ke Halaman Asli

LawCorrectional

Law and Correctional

Mitigasi Resiko Melalui Pengecekan Terali dan Gembok Paviliun Hunian Lapas Curup Secara Berkala

Diperbarui: 30 Juni 2024   17:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Lacrele

Curup- Pada hari Minggu 30 Juni 2024, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Curup melaksanakan kegiatan rutin pengecekan/Inspeksi Terali dan kunci gembok Paviliun Hunian WBP sebagai bagian integral dari upaya pemeliharaan dan deteksi dini gangguan Kamtib di lingkungan lapas. Petugas melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap setiap Kunci gembok dan teralis kamar hunian yang tersebar di beberapa paviliun Lapas. Proses inspeksi dan pemeliharaan mencakup pengecekan kondisi terali, kunci, gembok, melakukan rolling posisi anak kunci, serta penggantian Gembok yang dinilai sudah aus dan kurang berfungsi dengan baik.

Kepala Lapas Kelas IIA Curup melalui Katim Humas Frengki Sinaga, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting dilakukan. Hal ini sebagai langkah deteksi dini dan untuk memastikan kondisi sarana dan prasarana sistem pengamanan statis selalu dalam keadaan siap pakai dan berfungsi dengan baik. "Kegiatan ini juga sebagai bagian dari manajemen resiko dan langkah deteksi dini dalam mencegah sebuah kejadian gangguan atau peristiwa yang sewaktu waktu dapat terjadi," Ungkap Frengki.

Tindakan ini dilaksanakan sesuai dengan standar keselamatan yang berlaku dan pedoman teknis untuk pemeliharaan Sistem Pengamanan Statis pada Lapas/Rutan. Kondisi siap pakai sarpras pengamanan di Lapas menjadi prioritas utama, dan inspeksi berkala ini adalah langkah konkrit dalam menjaga Keamanan dan Ketertiban di dalam Lapas. (Ng19)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline