(Situasi) Latar belakang masalah dalam pembelajaran yaitu motivasi belajar siswa yang rendah. Oleh karena itu, siswa merasa bosan pada saat pembelajaran di kelas. Perubahan yang terjadi seperti malas mengerjakan soal yang diberikan guru, pikiran kosong saat pembelajaran, tidak paham dengan materi yang dijelaskan oleh guru, malu dalam mengungkapkan pendapat, ingin cepat selesai dalam mengikuti pembelajaran. Kondisi ini diperburuk dengan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran dan metode pembelajaran inovatif yang diimplementasikan guru di kelas.
(Tantangan) mencapai tujuan setelah dilakukan identifikasi masalah dengan refleksi diri, wawancara, maka beberapa tantangan yang terjadi yaitu kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang dijelaskan oleh guru, kurangnya motivasi yang diberikan orang tua kepada siswa, kurangnya rasa percaya diri siswa saat di sekolah.
Tantangan dari sisi siswanya berdampak sekali pada proses pembelajaran di sekolah. Ada juga tantangan yang ada di sekolah yaitu faktor guru dalam pemilihan media pembelajaran, kurangnya pemanfaatan TPACK di kelas, metode pembelajaran yang belum tepat dengan kebutuhan siswa.
Tantangan tersebut yang menyebabkan seorang guru harus mampu merancang pembelajaran yang inovatif dengan menerapkan metode pembelajaran yang tepat dengan gaya belajar siswa serta menggunakan media pembelajaran yang mampu membangkitkan motivasi belajar siswa
(Aksi) langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan menggunkan metode pembelajaran Problem Based Learning merupakan salah satu metode pembelajaran inovatif.
Metode pembelajaran ini dapat memberikan kondisi belajar aktif kepada siswa dimana siswa terlibat untuk memecahkan suatu masalah. Dengan demikian, siswa akan dapat mempelajari pengetahuan yang berhubungan dengan masalah tersebut dan sekaligus memiliki keterampilan untuk memecahkan masalah.
Tujuan metode pembelajaran problem based learning yaitu keterampilan berpikir tingkat tinggi, keterampilan menyelesaikan masalah, belajar mandiri, belajar menggali informasi, belajar bekerjasama, belajar keterampilan berkomunikasi.
Sintaks metode pembelajaran Problem Based Learning adalah :
Tahap 1 : Orientasi siswa pada masalah
Tahap 2 : Mengorganisasi siswa untuk belajar
Tahap 3 : Guru membimbing penyelidikan individual maupun kelompok