Setelah 10 taunan bekerja, kiprok (regulator rectifier) bawaan motor modyar.
Sempat saya belikan yang kw, harganya sepertiga sampe setengah orinya, ndhak pakai lama modyar lagi. Alhasil balik kanan lagi.
Nilai moralnya: pakai suku cadang/part kw kadang bahkan seringnya malah buang-buang uang.
***
Di kijang rasanya sama juga. Dan kalo buat kijang, saya juga masih berani ngomong gitu: pakai part kw kadang malah buang uang. Persoalannya, buat kijang part orinya juga murah. Shock ori aja sepasang cuman 400an rb. Mungkin sekarang 500 rb.
Malah part kw Kijang juga kualitasnya udah mendekati OEM.
Saya pernah ganti spion, sebiji cuman 25rb. Plastiknya emang ndhak se-firm orinya. Tapi kacanya ndhak getar, sudut pandangnya juga pleg ama orinya. Ndhak lebih cembung atau cekung, obyek ndhak tampak lebih dekat atau lebih jauh. Dan baut setelan kekencangannya juga bekerja sempurna. Ndhak gampang dol/slek. Dan itu spion udah bertahun-tahun terpasang di pintu, menggantikan spion ori yang pecah kesampluk gandengan truk yang mobat-mabit di jalan.
Berapa harga spion Kijang yang ori? Saya ndhak tau. Toko yang jual ndhak nyetok. Mungkin ndhak ada yang nyari kali ya? :D
Cuman kalo batok lampu belakang Kijang, pendaran cahaya yang kw tetep ndhak bisa seterang yang ori.
Lampu belakang Kijang, yang kw mika lampunya doang 25rb sebiji. Kalo sama batoknya 250rb per set/dua biji. Sementara lampu ori (batok sama mikanya, udah ter-lem menyatu, non buka-able) 550rb sebiji!
NAH, di BMW/Audi sama juga. Part kw, kita biasanya nyebut "yang biasa", sering kejadiannya juga ndhak awet.