Lihat ke Halaman Asli

Bakti Bersama

Freelancer

Karakteristik Quran sebagai Pengantar Kehidupan Menuju Cahaya

Diperbarui: 14 Oktober 2024   13:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : canva

Bakti Bersama - Memaknai Alquran sungguh luar biasa keutamaannya. Sehingga, kita sebagai manusia sudah sepatutnya segala acuan kehidupan yang utama adalah melalui Alquran. Secara definisi bahasa, Alquran berarti "bacaan" dan secara istilah berarti "kalam Allah Subhanahu wa ta'ala yang diwahyukan kepada nabi Muhammad Shallallahu `alaihi Wa Sallam".

Alquran memiliki beragam nama dan karakteristik yang mulia serta menegaskan tentang petunjuk arah kehidupan yang sesuai dengan aturan-Nya. Sehingga kita perlu tahu, apa saja sih nama-nama Alquran itu, sebagai berikut :

1. Al Quran (Bacaan)
2. Al Kitab (Buku)
3. Al Furqon (Pembeda)
4. Adz Dzikir (Pengingat)
5. An Nur (Cahaya)

Lalu bagaimana karakteristik Alquran  sehingga bisa menjadi pengantar kehidupan menuju cahaya ? Berikut penjelasannya :

1. Diturunkan bukan untuk menyusahkan manusia. Hal ini dijelaskan pada Quran surah Taha ayat 2 yang berisi : "Kami tidak menurunkan Alquran ini kepadamu (Nabi Muhammad) supaya engkau menjadi susah." Dalam hal ini, Allah Subhanahu wa ta'ala menurunkan Alquran itu sebagai rahmat, bukan sebagai sumber kesulitan atau beban bagi umat manusia.

2. Bacaan yang teramat mulia dan terpelihara. Hal ini dijelaskan pada Quran surah Al Waqi'ah ayat 77-78 yang berisi : "Sesungguhnya ia benar-benar Alquran yang sangat mulia, dalam kitab yang terpelihara." Dalam hal ini, ditegaskan bahwa Alquran disebut sebagai kitab yang mulia dalam banyak ayat, menununjukkan keagungannya baik dari hal isi, bahasa, maupun pengaruhnya terhadap kehidupan manusia. 

3. Tidak seorang pun yang bisa menandingi keindahan dan keagungan Alquran. Hal ini dijelaskan pada Quran surah Al Isra' ayat 88 yang berisi : "Katakanlah, "Sungguh, jika manusia dan jin berkumpul untuk mendatangkan yang serupa dengan Alquran ini, mereka tidak akan dapat mendatangkan yang serupa dengannya, sekalipun mereka membantu satu sama lainnya." Dalam hal ini sudah sangat jelas bahwa Alquran memiliki kedudukan istimewa diantara kitab-kitab yang pernah diwahyukan. Hingga hari ini, tidak ada yang mampu menandingi Alquran, meskipun banyak orang yang mencoba dan ini menunjukkan bahwa keindahan bahasa Alquran berada di luar kemampuan manusia untuk menirunya.

4. Tersusun secara terperinci dan rapi. Hal ini dijelaskan pada quran surah Hud ayat 1 yang berisi : "Alif Lam Ra. (Inilah) Kitab yang ayat-ayatnya telah disusun dengan rapi kemudian dijelaskan secara terperinci (dan diturunkan) dari sisi (Allah) yang maha bijaksana lagi maha teliti." Dalam hal ini, Allah Subhanahu wa ta'ala menyusun setiap ayat dan surah didalamnya dengan keteraturan dan keseimbangan yang sempurna, memberikan petunjuk yang jelas secara komprehensif bagi manusia dalam menjalani kehidupan.

5. Mudah difahami dan diambil pelajaran. Hal ini dijelaskan pada Quran surah Al Qamar ayat 17 yang berisi : "Sungguh, Kami benar-benar telah memudahkan Alquran sebagai pelajaran. Maka, adakah orang yang mau mengambil pelajaran ?." Dalam hal ini, Alquran menunjukkan keagungannya bahwa mudah dipahami dan diambil pelajaran oleh manusia yang terlepas dari latarbelakang ilmu, pendidikan, atau budaya. Allah Subhanahu wa ta'ala menjadikan Alquran sebagai pedoman yang tidak hanya indah dari segi bahada, tetapi juga mudah dimengerti, sehingga siapa saja dapat mengambil hikmah dan pelajaran.

Sahabat, setelah mengetahui nama dan karakteristik Alquran tentu menjadikan kita semua bisa pelan mempebaiki dan mewarnai kehidupan yang lebih baik lagi sesuai dengan aturan-Nya melalui pedoman yang sudah ada. Raih cahaya kehidupan dengan berpedoman pada Al Qur'an dan hadist serta amal kebaikan yang berkelanjutan : https://www.laznasdewandakwah.or.id/sedekah-alquran-braille/165?lz=ea00

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline