Lihat ke Halaman Asli

Fredy DwikaWidyasiwara

Mahasiswa UNUSA Prodi Kesehatan Masyarakat

Puncak Perayaan Sedekah Bumi dengan Menampilkan Ludruk Budhiwijaya

Diperbarui: 7 Agustus 2023   20:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

desa ngepung

Sedekah Bumi adalah suatu upacara adat yang melambangkan rasa syukur kepada Tuhan yang telah memberikan rezeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi. Upacara ini sebenermya sangat populer di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa. Pada hari Minggu (23/07/23) dalam rangka Sedekah Bumi Dusun Doro Desa Ngepung, Kec. Kedamean, Kota Gresik. Sebelum diiringi Kesenian "LUDRUK BUDHIWIJAYA" yang berasal dari Jombang Pimpinan: Didik Purwanto. dan Dihadiri oleh Bu Lurah beserta jajarannya yang ikut andil dalam memeriahkan acara ini.

desa ngepung

Tak lupa juga Mahasiswa KKN kelompok 22 Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Acara ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun di Dusun Doro, Desa Ngepung sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT karena telah memberikan rezeki sebagian hasil bumi yang melimpah. Paginya ada kegiatan hataman Qur'an terlebih dahulu yang dilaksana di masjid Dusun Doro Desa Ngepung, Kec. Kedamean, Kota Gresik.

Acara ini diawali pembukaan oleh kepala desa kemudian ditutup dengan doa, yang dipimpin oleh tokoh agama setempat kemudian makan bersama dilanjutkan dengan pembagian doorprize hadiah kegiatan jalan sehat sebelumnya. Sedekah bumi di Desa Ngepung dirayakan dengan cukup meriah. Saat malam hari

berbagai kesenian tradisional pun ikut memeriahkan dimulai dengan penampilan tari remo sebagai pembuka acara hiburan diiringi alunan-alunan gamelan dan kendang yang diiringi suara lonceng si penari remo. Semua kalangan hadir memeriahkan acara ini dari muda-mudi hingga orang tua sangat antusias menikmati Pertunjukan yang disediakan oleh panitia.

Setelah tari remo berakhir para sinden mulai mempertunjukkan suara yang indah dengan iringan tabuhan kendang dan juga melodi gamelan dengan lagu-lagu campursari. Campursari merupakan salah satu genre musik tradisional maupun modern yang dipadukan antara seni gendang dengan alat musik tradisional yang khas yang cukup terkenal di daerah Jawa. Semakin malam acara hiburan rakyat semakin meriah dilanjutkan kesenian jaranan dan barongan bahkan hadirnya para penari ular.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline