Lihat ke Halaman Asli

Pengelolaan Konten Yogyaline.com Sebagai Media Jejaring Pikiran Rakyat

Diperbarui: 8 November 2022   07:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Gambar : https://www.pikiran-rakyat.com/

Media Online di Era Sekarang

Media online atau media baru merupakan media komunikasi yang pemanfaatannya menggunakan perangkat internet (Suryawati, 2011:46). Sedangkan jurnalisme online menurut Pavlik (dalam Widodo,2020) mengatakan bahwa jurnalisme online merupakan jurnalisme kontekstual dimana menggunakan tiga fitur unik dari komunikasi yaitu mengandalkan kemampuan multimedia sesuai platform digital, kualitas interaktif dalam komunikasi online, serta fitur-fitur yang didata.

Pada masa kini, media online merupakan salah satu sumber berita yang banyak diminati oleh masyarakat. Dikutip dari Suara.com, bahwa pembaca media online pada saat ini mencapai 6 juta orang, sedangkan media cetak hanya sebesar 4,5 juta pembaca. Hal ini menunjukkan adanya ketimpangan dalam jumlah peminat antara media online dan media cetak.

Pergerakan dan perkembangan Yogyaline.com 

Yogyaline.com merupakan media online yang memiliki basis di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyaline.com merupakan media online yang berjejaring dengan PikiranRakyat.com yang berbasis di Bandung, Jawa Barat. Menurut penuturan Krisnowi Inoez, yang ditemui di kediamannya pada 14 Oktober 2022 Yogyaline.com sendiri berdiri pada tahun 2019 dan sejak saat itulah mulai berjejaring dengan PikiranRakyat.com

Krisnowi Inoez yang merupakan Wakil Pemimpin Redaksi di Yogyaline.com sekaligus seorang jurnalis senior mengatakan bahwa pada saat ini ada kurang lebih 150 media yang berjejaring ke PikiranRakyat.com serta lebih dari 1000 kontributor yang tersebar di seluruh Indonesia.

Yogyaline.com dalam perjalanannya hingga pada saat ini merupakan media online yang mengangkat isu-isu di dalam Yogyakarta sebagai sumber pembuatan konten. Namun, selain isu internal Yogyakarta, Yogyaline.com juga melihat trend topic apa saja yang sedang "hangat: di tengah masyarakat pada saat-saat tertentu sebagai sumber pembuatan berita. Dengan begitu, pendapatan Yogyaline.com dapat lebih dimaksimalkan dengan mengikuti isu-isu nasional yang sedang populer.

Yogyaline.com yang berafiliasi dengan PikiranRakyat.com sebagai media online tentu memiliki struktur perusahaannya sendiri. Dalam Yogyaline.com terdapat struktur seperti pemimpin redaksi, wakil pemimpin redaksi, redaktur, dan kemudian reporter yang dibagi ke dalam beberapa bidang seperti olahraga, politik, pendidikan, dan lain-lain. 

Walaupun berafiliasi dengan PikiranRakyat.com, status karyawan Yogyaline.com tidak terikat dengan Pikiranrakyat.com. Mereka tetap berdiri sendiri, namun dalam hal seperti penyediaan infrastruktur, administrasi, bahkan penyediaan iklan, dari pusat (PikiranRakyat.com) yang akan mengaturnya. Dapat dikatakan bahwa media-media jejaring seperti Yogyaline.com sebagai penyedia konten walaupun bisa mencari penyedia iklan sendiri, namun tetap melakukan koordinasi dengan pusat.

Dalam hal pembagian keuntungan, pusat mendapatkan 30%, sedangkan media-media jejaring seperti Yogyaline.com mendapatkan 70% pendapatan. Media online memiliki sumber pendapat dari Perusahaan Google dan selebihnya dari perusahaan yang iklannya ditampilkan oleh media online tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline