Mahasiswa Prodi Manajemen Bisnis Syari'ah kelompok Kuliah Kerja Nyata 097 IAIN Kudus periode 2024 Lakukan Sosialisasi Branding dan Digital Marketing kepada penjual jamu di Desa Winong pada hari Selasa, 7 Oktober 2024 pukul 10.00 WIB di kediaman mbah yem.
Alasan dilakukannya sosialisasi ini karena kurangnya pemahaman para pelaku UMKM tentang branding yaitu melalui logo dan packaging sebagai identitas yang mempengaruhi keputusan pembelian, serta minimnya pemanfaatan digital marketing bagi UMKM melalui media sosial yang belum optimal di era digital yang kompetitif.
Strategi yang dilakukan dengan melakukan survei atau observasi untuk mengetahui tingkat pemahaman UMKM tentang branding dan digital marketing serta kendala yang dihadapi, kemudian memberikan sosialisasi dengan berbagi ilmu mengenai desain logo dan packaging yang efektif bagi UMKM dan yang ketiga melakukan pendampingan UMKM dalam pembuatan akun media sosial serta atau mengoptimalkan akun media sosial mereka dengan strategi posting yang konsisten dan penggunaan hashtag yang tepat.
Tujuan utamanya yaitu memperkenalkan UMKM mengenai branding dan digital marketing karena visual branding (logo dan packaging) penting bagi UMKM untuk membangun citra yang kuat dan menarik pelanggan serta dapat meningkatkan omzet penjualan UMKM. Dengan strategi ini, diharapkan UMKM akan lebih siap menghadapi era digital serta memiliki keunggulan kompetitif di pasar melalui branding dan pemasaran yang lebih modern dan profesional.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H