Lihat ke Halaman Asli

Frappio

Technology Company

Ini Dia Keahlian yang Dibutuhkan di Masa Pandemi!

Diperbarui: 4 Desember 2020   10:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Di era COVID-19 ini, semua hal semakin beralih ke teknologi. Hal ini dikarenakan masyarakat di Indonesia bahkan seluruh dunia harus melakukan physical distancing dan Study/Work from home. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), pendapatan 84% pelaku Usaha Menengah Kecil (UMK) merosot di tengah pandemi ini. Penurunan pendapatan juga dirasakan oleh sekitar 82% Usaha Menengah Besar (UMB). 

Penurunan pendapatan ini menimbulkan pemecatan karyawan dan karyawati secara massal. Sehingga masyarakat berusaha sebisa mungkin untuk menghemat dengan cara meminimalisir pengeluaran yang ada dan mencoba membuka bisnis secara online. Pada akhirnya, masa pandemi ini memaksa semua sektor mulai dari UMK, UMB, Start-Up Company sampai perusahaan besar mengandalkan teknologi dan strategi pemasaran secara digital.  Alasan lainnya adalah cara ini lebih cepat, lebih mudah dan lebih luas menjangkau pasar. 

Oleh karena itu, keahlian seperti Digital Marketing akan sangat menguntungkan di masa pandemi ini. Banyak kelebihan yang dimiliki oleh digital marketing dibandingkan pemasaran secara tradisional. Dengan berfokus pada digital marketing, bisnis dan usaha akan lebih mudah untuk menjangkau target pasar yang lebih luas, hanya membutuhkan biaya yang lebih kecil dan dapat berkomunikasi secara dua arah dengan calon klien. 

Selain itu dengan menggunakan strategi digital marketing, Anda dapat meningkatkan pendapatan dengan efisien, mampu menjangkau target klien secara spesifik dan dapat membantu membangun brand awareness untuk bisnis Anda. 

Strategi digital marketing yang bisa Anda lakukan saat ini yaitu, Memanfaatkan WhatsApp Bisnis, menerapkan strategi copywriting atau teknik membuat tulisan yang menarik dan persuasif, menjalankan social media marketing dan membuat Website. Dengan menggunakan media sosial dan website Anda dapat menciptakan identitas pada usaha Anda dan dapat menjangkau pasar yang jauh. 

Dengan keahlian digital marketing dan melakukan strategi yang ada, Anda dapat membangun kepercayaan kepada masyarakat tentang produk atau jasa yang Anda miliki.  Dari situ penjualan bisa lebih meningkat dari yang sebelumnya. (ftn)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline