Lihat ke Halaman Asli

Franz ZakhariaSimanjuntak

Seorang penulis amatir

Apasih Computer Vision Syndrome Itu? Para Pekerja, Mari Disimak

Diperbarui: 5 Agustus 2022   11:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

gambar dari forbes.com

Dari sebuah studi dalam 2 tahun terakhir ini terjadi peningkatan angka pekerja yang melakukan aktifitas pekerjaan dari rumah. Memang kondisi ini dimulai akibat Pandemi yang terjadi. 

Banyak para pekerja menghabiskan banyak waktu didepan komputer. Baik untuk bekerja , rapat , dan komunikasi dengan sesama.

Rutinitas yang hampir setiap hari dilakukan seperti ini dapat menimbulkan gejala seperti rasa tegang dan tidak nyaman dimata, sakit kepala, mata kering , bahkan ada beberapa perkerja yang mengeluhkan penglihatan buram pada jarak dekat.

Dengan situasi seperti ini kita harus mengenal apa itu Computer Vision Syndrome agar kita dapat melakukan pekerjaan kita dari rumah dengan lebih nyaman dan aman.

Apa itu Computer Vision syndrome ?

Menurut Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) Dr. M. Sidik, SpM(K) yang dikutip dari laman kementerian kesehatan , beliau mengatakan Computer Vision Syndrome adalah gejala kelelahan pada mata. Ini akibat bekerja terlalu lama dengan komputer karena bekerja dengan komputer adalah bekerja dengan jarak yang sama dan terus-menerus, berjam-jam.

Apa saja gejalanya ?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya , gejala yang dapat terjadi seperti rasa tegang dan tidak nyaman dimata, sakit kepala, mata kering ,  penglihatan buram pada jarak dekat, penglihatan menjadi ganda.

Apa yang terjadi pada mata kita ?

Terjadi kekakuan di otot - otot bola mata akibat dari akomodasi yang terjadi terus menerus dengan waktu lama.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline