Lihat ke Halaman Asli

Fransiskus Allo

Aktifis Pemuda Katolik, . Saat ini menjadi Ketua Bidang Politik dan Kaderisasi Pemuda Katolik Komcab Tana Toraja, Ketua Organisasi dan Kaderisasi KNPI Tana Toraja

Toleransi dalam Perspektif Kehidupan Orang Toraja

Diperbarui: 18 Juni 2015   01:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Kabupaten Tanatoraja adalah salasatu daera otonomi di Sulawesi Selatan,yang dihuni ole sala satu suku besar di Porfinsi Sulsel yakni suku Toraja, bagi sebagian orang yang senang berwisata nama Tanatoraja mungkin tidak terlalu asing terutama mereka penikmat wisata budaya .Tanatoraja merupakan daera yang memiliki keunikan tersendiri,warisan tradisi budaya turun temurun yang sudah berlangsung ribuan tahun masih dipelihara dan dilestarikan orang Toraja sampai saat ini.Bahkan Tanatoraja telah diusulkan kepada UNESCO,badan PBB untuk menjadikan Tanatoraja sebagai salasatu warisan budaya dunia.

Tanatoraja sendiri dihuni oleh penduduk dengan mayoritas beragama Nasrani atau Kristen sekitar 80% , Sisanya pemeluk agama lain seprti Muslim, dan Aluk Todolo (agama/kepercayaan warisan leluhur orangToraja dahulu kala, sebelum mengenal agama Kristen),kemudian Hindu dan Buddah.

Adalah sangat menarik mengamati kehidupan masyarakat Toraja dalam prespektif Toleransi bergama yang akhir-akhir ini terusik dibeberapa tempat di Indonesia.

Sebelum kata toleransi ini Populer dijaman Orde Baru sampai sekarang, praktek hidup bertoleransi sudah sangat nyata dialami masyarakat Toraja. Mengapa demikan? Jika anda keToraja anda akan menemukan bahwa orang Toraja sama sekali tidak mempersoalkan agama dan keyakinan seseorang,itulah sebabnya dalam sebuah rumpun keluarga besar, menganut agama yang berbedah merupakan hal yang lumrah dan biasa , ada yang Kristen ada yang Islam dan ada yang masih menganutAgama kepercayaan warisan leluhur, dan ini sama sekali bukan menjadi persoalan bagi sebuah rumpun keluarga di Toraja,mereka tetap hidup bersama sebagai sebuah keluarga yang sangat erat karena diikat oleh talih kekerabatan yang sungguh kuat. Walaupun demikian orang Toraja Akan marah jika ada sanak keluarga yang ditemukan sering berpindah-pindah agama ia akan dianggap mempermainkanAgama dan biasanya orang ini akan dikucilkan dari keluarga besar.Dalam pandangan orang Toraja, Aluk (agama) adalah sesuatu yang suci,agama apapun itu tidak terkecuali,sehingga tidak boleh dipermainkan.

Dalam kehidupan sehari-hari ,praktek kehidupan toleransisangat terasa dan mengagumkan,agama yang seringkali membuat kita berjarak dengan sesama karena perbedaan keyakinan,dikalangan Masyarakat Torajahal demikiansama sekali tidak nampak.Hal itu dapat kita buktikan ketika acara hari-hari besar keagamaan ,semuanyamengambil bahagian dan seolah-olah merupakan perayaan bersama,saling mengunjungi,bersilatuhrahmi serta bergembira bersama.Demikian halnya jika ada acara atau pesta keluarga mereka akan saling bergotong royong bahu membahu menyukseskan acara tersebut.Bahkan Jika ada tetangga umat muslim yang meniggal biasanya ada malam Tahlilan dan Tausiah dari para ustadatau ulama setempat,Umat Nasrani tidak pernah sungkan untuk hadir,bahkan kadang lebi banyak hadir dari umat muslim setempat.Demikian sebaliknya jika yang beragama Nasrani yang meninggal yang Muslim pasti hadir bersama membagi duka sebagai satu keluaraga dan saudara.Praktek semacam ini bukanlah hal yang dibuat-buat atau dipaksakan akan tetapi sungguh hidup dan dihayati Masyarakat Toraja dan nyata dalam praktik yang sudah berlangsung lama sampai hari ini.

Demikian halnya soal pendirian Rumah Ibadah, Masyarakat Toraja tidak pernah mempersoalkannya,itulah sebabnya Masjid dan Gereja di TanaToraja kadang-kadang bertetangga.Membangun rumah ibadah di Toraja tidak perlu minta tandatangan penduduk setempat,seperti yang ada dalam peraturan bersama menteri agama. Membangun Rumah Ibadah bagi orang Toraja justru dipandang sebagai hal yang sangat positifbagi kebaikan bersama sebagai masyarakat itulah sebabnya membangun rumah ibada ditoraja biasanya dilakukan secara gotong royong. Karena tempat ibadah merupakan tempat untuk mendidik orang untuk menjadi manusia yang berbudi dan berahlak yang benar.Hal ini sangatla berbedah dibeberapa tempat di Indonesia dimana mendirikan rumah ibadah saja merupakan hal yang sulit,bahkanmenjadi polemik seperti halnya kasus gereja Yasmin diBogor.

Itulah sedikit gambaran tentang kehidupan bertoleransi dikalangan Masyarakat Toraja,kiranya dapat menjadi saksi bahwa sebenarnya hal hidup bersama dalam perbedaan sudahada sebelum nusantara ini bersatu menjadi Indonesia,Dan pendiri bangsa ini sangat tepat menyimpulkannya dalam slogan Bineka Tunggal Ika. Adalah Naif jika masih saja ada pikiran segelintir anak bangsa ini yang hendak memaksakan kepercayan dan keyakinannya kepada orang lain,bahkan masih saja ada kelompok yang ingin menjadikan Indonesia sebagai negara Agama ditengah kebinekaan yang sudah mengakar ribuan tahun .Ini merupakan tantangan kita bersama sebagai sebuah bangsa untuk setia dan melindungiKebinekaan yang sebenarnya sungguh Indah ,ibarat sebuahtaman dengan aneka bunga. Salam Damai




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline