Sebagaimana yang diamanatkan UU No. 52 Tahun 2009 yang merupakan upanya komprehensif dari pemerintah untuk membangun kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai salah satu modal pembangunan keluarga, maka seyogianya berbagai upaya yang ditempuh untuk mewujudkan niat baik pemerintah tersebut. Salah satunya dengan menyebarluaskan informasi mengenai program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) melalui media massa, baik cetak, elektronik, maupun online. Tanpa disadari media dengan melakukan fungsinya dapat mampu menyusuri lapisan masyarakat dalam meyerap informasi terkait program dimaksud.
Perkembangan Kependudukan dan KB saat ini sedang menghadapi tantangan yang berat, oleh karena itu sebagai komiteman kita Bersama untuk mencarikan solusi bagi penyelesaian permasalahan Kependudukan dan Keluarga Berencana yang sedang kita hadapi Bersama.
Tingginya laju pertumbuhan penduduk perlu mendapat perhatian serius kita. Sebab, jika laju pertumbuhan ini tidak diikuti peningkatan kualitas penduduk, dapat berpotensi memunculkan permasalahan sosial baru di masyarakat.
Untuk itu sebagai pengelola program, kita perlu mengencarkan dan menggaungkan program ini melalui berbagai media massa yang ada. Apalagi perkembangan digitalisasi sekarang mempermudah kita dalam mengkampanyekan program KKBPK dalam mendukung generasi penerus yang berkualitas dalam artian generasi yang sehat, cerdas, unggul, madiri serta bersaing secara global.
Karena kondisi kependudukan yang diinginkan adalah tercapainya penduduk stabil atau penduduk tumbuh seimbang dalam jumlah yang tidak terlalu besar. Sehingga diharapkan jumlah bayi yang lahir sama atau seimbang dengan jumlah kematian yang memungkinkan jumlah penduduk menjadi satsioner.
Menjadi harapan penulis dan juga selaku pengelola program KKBPK mendorong kita semua untuk selalu mendekatkan media sebagai corong informasi untuk masyarakat. Sehingga dapat memberikan pendidikan, pemahaman terkait program KKBPK. Untuk media menjadi salah satu mitra BBKBN dalam mempercepat pelaksanaan revitalisasi program KKBPK
Kita berharap dengan adanya sinergi denganberbagai media massa dapat memberikan dampak yang positif kedepannya, sehingga program KKBPK yang menjadi target dari BKKBN dapat dipahami dan dimegerti oleh masyarakat kita di pelosok negeri ini.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H