Lihat ke Halaman Asli

FRANSISKUS HERU

Guru dan Penulis asal Kec. Sompak, Kab. Landak, Kalimantan Barat.

Makna "Menyala Abangku" yang Masih Viral

Diperbarui: 28 April 2024   10:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi penggunaan bahasa Menyala Abangku. Sumber gambar ilustrasi: screenshot dari Suara Merdeka Jogja. 

Penulis : Fransiskus Heru 

SEBUAH konten video di aplikasi TikTok yang melontarkan beberapa lisan di dalam video tersebut, dan diketahui bahwa video itu masih viral di kalangan Netizen (internet citizen) Indonesia hingga saat ini.  

Video tersebut diunggah oleh akun TikTok @mamangwinner yangmana dalam video tersebut menyebutkan kalimat 'menyala abangku.'

Tak hanya viral, penggunaan istilah 'menyala abangku' dalam video @mamangwinner tersebut pun juga menjadi tren untuk digunakan dalam bermedia sosial.     

Bukan tanpa maksud, istilah 'menyala abangku' ternyata memiliki maksud tersendiri. Apa saja maksud-maksudnya? Begini pembahasannya.   

Diketahui, istilah 'menyala abangku' merupakan salah satu bahasa gaul yang bukan berasal dari bahasa asing. Bahasa ini terdiri dari dua kata, yakni kata 'menyala' dan kata 'abangku.'

Arti kata 'menyala' adalah tampak bersinar; keluar nyala; terang sekali, seperti dikutip dari Wolipop (detikcom, 2024).     

Mengutip website Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kemendikbudristek (Tribun Jogja, 2024), arti kata 'abang' adalah panggilan untuk kakak laki-laki; saudara laki-laki yang lebih tua; sapaan kepada orang laki-laki yang lebih tua atau tidak dikenal. Sementara kata 'ku' dalam kata 'Abangku' artinya adalah aku atau saya sendiri.    

Lantas, apa makna dari istilah "menyala abangku" yang masih viral dan tren itu? Ini penjelasannya.    

Dalam siaran KOMPASTV yang menayangkan sebuah acara yang bernama Sapa Indonesia Siang pada Selasa siang (23/4/2024) menjelaskan, istilah "menyala abangku" memiliki makna sebagai bentuk pujian kepada para pria yang sedang berusaha.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline