Lihat ke Halaman Asli

KKN Rekognisi UPI 2022: Studi Independent Adobe Certified Professional in Vidio Design with MyEdusolve

Diperbarui: 10 November 2022   19:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Studi Independent Adobe Certified Professional in Video Design  

MBKM merupakan bagian dari kebijakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa/i untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan.

Universitas Pendidikan Indonesia merupakan salah satu universitas yang sangat mendukung mahasiswanya untuk mengikuti program MBKM dengan memberikan dukungan dalam bentuk konversi nilai pada mata kuliah yang dikontrak mahasiswa di kampus. Pada kesempatan yang sangat berharga tersebut penulis berhasil lulus disalah satu mitra MBKM yaitu MyEdusolve dengan program Studi Independent Adobe Certified Professional in Vidio Desaign. 

MyEdusolve merupakan  perusahaan yang membantu mempersiapkan talenta yang siap berkarir dengan cara mengajarkan kemampuan fundamental literasi digital dan memberi mereka akses terhadap program sertifikasi yang telah diakui dunia industri secara internasional. Melalui programnya, mereka ingin membangun Indonesia yang lebih baik di mana generasi muda dapat lebih unggul dan berdaya. 

MyEdusolve sendiri memiliki program di dalam kampus merdeka yang didirikan oleh pemerintah yang didalamnya terdapat beberapa program atau pathway yang disesuaikan dengan peminat dan juga apa yang dibutuhkan di dunia kerja. Setiap pathway telah didesain untuk membekali peserta dengan keterampilan future-ready skills, serta sertifikat yang dibutuhkan untuk bertahan di dunia kerja saat ini. 

Peserta akan mengasah keterampilan dan pengetahuan praktis yang nantinya dapat diterapkan di seluruh industri. Pada misi MyEdusolve adalah untuk mendukung dan memberdayakan generasi muda agar bisa unggul di profesi pilihan mereka serta mampu mengeksekusi ide dan kreativitas mereka dengan baik. Sedangakan, visi MyEdusolve yakni membantu generasi muda Indonesia agar siap berkarier melalui pelatihan literasi digital dan sertifikasi. 

Selain itu, untuk mempersiapkan mahasiswa di dunia kerja dalam mewujudkan mimpi para peserta, MyEdusolve juga menyediakan program Career Mentoring. Di dalam Career Mentoring materi-materi yang diajarkan mengenai soft skill yang dibutuhkan di dunia kerja seperti mengetahui IKIGAI, pembuatan CV dan portofolio, Self Awarness, Mindset, pembuatan Linked in, dan sebagainya. Para peserta juga diberikan kesempatan untuk melakukan konsultasi karir bersama mentor, setiap 1 minggu sekali.

Pada Studi Independen di MyEdusolve ilmu yang penulis dapatkan berupa softskills maupun hardskills, untuk sofskill dipelajari dalam program kelas Career Mentoring meliputi kepribadian, management waktu, leadership, habbit dan materi lainnya yang ditujukan untuk mempersiapkan penulis ketika memasuki dunia kerja nyata. 

Selain itu terdapat final project membuat sebuah video yang menyampaikan salah satu materi yang sudah didapatkan dari Carrier Mentoring. Pada bagian Hardskills dipelajari pada program kelas Pathway Adobe Certified Professional in video Design meliputi pembelajaran design thinking, penggunaan tools software sesuai dengan standar yang dibutuhkan industry kreatif.

Project sudah mencakupi project harian, project mingguan, dan final project, yang dikerjakan baik individu maupun kelompok. Setelah itu dilaksanakan ujian sertifikasi Adobe Photoshop, Adobe Premiere Pro, dan Adobe After Effect yang diadakan setiap minggu ke-6, minggu ke-12 dan minggu ke-18 melalui website certiport. 

Final project dikerjakan pada minggu ke 19-22 dengan sebutan capstone project yang menerapkan kolaborasi antara MyEdusolve dengan mitra lainnya, seluruh peserta studi independent di MyEdusolve akan melaksanakan project yang diberikan mitra tersebut dengan tenggat waktu 3 minggu sebelum melakukan demo project.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline