Lihat ke Halaman Asli

Icip-icip Kuliner Indonesia di Festival Jajanan Bango 2015

Diperbarui: 17 Juni 2015   06:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Icip-icip Kuliner Indonesia di Festival Jajanan Bango 2015

Oleh: Fransiska S. Manginsela

 

 

            Festival Jajanan Bango (FJB), kembali digelar untuk kesepuluh kalinya yaitu pada hari Minggu (31/5/2015), mulai pukul 08.00 – 22.00 wib. Acara yang berlokasi di Grand City Mall Surabaya ini hanya berlangsung selama satu hari. Para pecinta kuliner di wilayah Surabaya dan sekitarnya pun berbondong-bondong hadir pada festival yang mengusung tema “Persembahan Kuliner dari Barat ke Timur Nusantara”.

            Tahun ini, Festival Jajanan Bango di Surabaya menghadirkan 41 penjaja kuliner. Ada beragam jagoan kuliner terbaik dari Barat, Tengah, dan Timur. Kuliner terbaik Indonesia Barat, di antaranya: Mie Aceh Sabang, Martabak Mesir Resto Sederhana, Nasi Rendang Sayur Kapau Uni Nur, Nasi Gulai Kikil Ampera Roda Baru, Pempek Ny. Kamto, Sate Padang Surya Gemilang, dan Mie Ayam Bangka Tahu Kok.

            Kuliner terbaik Indonesia Tengah, di antaranya: Rujak Cingur Sedati Bu Nur, Bandeng Bakar Tanpa Duri Bu Ulfa, Lontong Balap Pak Gendut Surabaya, Ceker Lapindo Warung Mbak Nik, Gado-gado Arjuno, Bakso Urat Kikil Pak Kumis, dan Rawon Pak Pangat.

            Kuliner terbaik Indonesia Timur, di antaranya: Coto Makasar Depot Paraikatte, Nasi Ayam Betutu Depot Singaraja, Ikan Bakar Rica-rica Depot Tamasha, Nasi Bakar Like Tidar Khas Manado, dan Nasi Kuning Avon Ambon.

            Selain yang tersebut di atas, masih banyak lagi ragam kuliner nusantara yang bisa dinikmati di Festival Jajanan Bango tersebut. Seperti Bebek Kaleyo, Nasi Krawu Gresik Bu Tiban, Mie Koclok Mas Edi Cirebon, Kupat Tahu Gempol Bandung, dan Ayam Bakar Taliwang Bersaudara. Ayam Taliwang ini, merupakan menu khas Sasak, Lombok, Nusa Tenggara Barat, yang memiliki cita rasa pedas.

            Suasana acara festival begitu ramai. Ada banyak antrean di beberapa stand makanan. Tak hanya remaja dan anak-anak muda, beberapa orang tua pun rela antre demi dapat mencicipi kelezatan aneka macam kuliner Indonesia tersebut. Cuaca panas menyengat bukanlah penghalang bagi mereka. Sementara di panggung hiburan dapat disaksikan pertunjukan Reog Ponorogo yang tampil untuk menghibur pengunjung Festival Jajanan Bango 2015.

 

 

 

Surabaya, 12 Juni 2015




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline