Lihat ke Halaman Asli

Fransisco Laverna N.N

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Perkembangan Media Berdampak Bagi Jurnalistik

Diperbarui: 9 Maret 2023   17:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: Darius.id

Perkembangan media menjadi stabil dan terus menunjukan kemajuannya, hal ini terlihat bagaimana media-media baru yang terus hadir dalam kehidupan seiring dengan perkembangan teknologi juga.

Hadirnya berbagai media menunjukan hal yang positif dan juga negatif dalam bidang jurnalistik.

Hadirnya Media Sosial Berdampak Baik atau Buruk Bagi Jurnalistik

Media sosial merupakan sebuah media yang lahir dari perkembangan teknologi berbentuk online dengan menggunakan jaringan online, yang mampu membantu penggunanya berpartisipasi, berkomunikasi, berbagi sesuatu hal.

Hadirnya media sosial memberikan dampak baik dan juga buruk bagi jurnalistik.

Salah satu hal positif dari perkembangan media adalah jurnalis memiliki akses yang sebelumnya tidak pernah terjadi kepada audiens mereka, dan jurnalis mampu memanfaatkan media sebagai sarana penempatan diri mereka sehingga dapat lebih dekat pada audiens.

Menjadi lebih dekat artinya audiens tidak lagi menjadi pasif terhadap suatu peristiwa yang diberitakan, melainkan menjadi lebih aktif seperti memberikan reaksi atau komentar melalui media, seperti website resmi maupun media sosial.

Dampak baik kehadiran media sosial ialah, dimana dunia jurnalisme memanfaatkan media menjadi wadah penyebarluasan informasi berita yang diproduksi, sehingga jangkauan berita nya menjadi lebih luas dan dapat diakses dimanapun (Nuraeni & Sugandi, 2017).

Selain itu keuntungan dari media sosial bagi jurnalistik adalah dapat dimanfaatkan sebagai sumber berita, hal ini dapat terlihat dari hasil survei yang dilakukan salah satu lembaga di Amerika Serikat terhadap  500 wartawan yang berasal dari 15 negara.

Dari survei tersebut terbukti 47 persen diantaranya menggunakan media sosial sebagai sumber berita yaitu twitter dan 30 persen menggunakan facebook sebagai sumber berita (Nuraeni & Sugandi, 2017).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline