Lihat ke Halaman Asli

Melihat, Memahami, Memilah

Diperbarui: 25 Juni 2015   08:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Semakin hari semakin banyak penyakit baru bermunculan, berbeda sekali dengan masa nenek-kakek kita saat masih muda, tapi kira-kira apakah penyebabnya? Mari kita pilah..

1. Makanan

Makanan jaman dulu dan jaman sekarang sangatlah berbeda. Tentu saja. Jaman dulu restoran siap saji seperti Mc.D*nald, Pizza H*t, K*C, dll masih sangatlah jarang ditemukan, dan juga tidak semua orang bisa membeli makanan yang harganya sama dengan biaya hidupberhari-hari itu. Tapi sekarang di sisi kanan kiri jalan, di pusat perbelanjaan, bahkan di daerah yang tidak tergolong “kota” sudah ditemukan banyak sekali restoran siap saji. Lalu apa hubungannya restoran siap saji dengan penyakit jaman sekarang? Mari kita lihat… Hampir semua restoran siap saji menggoreng makanan yang dijual, khususnya kentang dan ayam goreng, dengan suhu minyak yang sangat tinggi sampai 220o C. Taukahanda, makanan yang digoreng menggunakan suhu tinggi mengakibatkan makanan tersebut mengandung zat akrilamida yang merupakan salah satu zat pemicu kanker. Bagaimana bisa? Bacalah ini : Penggorengan dengan suhu yang relatif tinggi, sekitar 190 derajat Celcius (sepertilazimnya suhu penggorengan dalam minyak), dapat menyebabkan senyawa karbohidrat padakentang dan lainnya terurai atau terlepas. Menurut penelitian itu, sebagian karbohidrat yangterlepas kemudian ditangkap atau bereaksi dengan asam amino, senyawa penyusun protein,hingga terbentuklah akrilamida. Tapiiii bukan berarti makanan kaki lima lebih baik dari makanan siap saji. Saat ini kehidupan semakin sulit dan semakin susah dimengerti, banyak orang yang tidak beruntungmulai menghalalkan banyak cara untuk mempertahankan hidup. Lalu apa hubungannya keadaan ekonomi yang semakin sulit dengan makanan kaki lima? Mari kita hubungkan… Dengan menjamurnya restoran siap saji dengan harga terjangkau, tentunya semakin mendesak pedagang kaki lima untuk menciptakan inovasi-inovasi baru untuk menarik perhatian pembeli.BAKSO TANPA BORAX CUMA 5000, AYAM GORENG KRISPI MURAH MERIAH HANYA 3000, dan banyak lagi kata-kata unik dan menarik yang tercantum di tenda-tenda kaki lima. Mari kita berpikir lebih kritis.. Ayam krispi seperti yang kita tahu dibuat dari ayam -tentu saja- , tepung, bumbu-bumbu, di goreng dengan minyak goreng menggunakan kompor gas yang memerlukan gas LPG, diolah sedemikian rupa menggunakan tenaga manusia. Apakah cukup jika dihargai dengan 3000 rupiah saja? Berpikirlah kritis saudara-saudara.. Kita tidak perlu mengira-ngira atau menebak-nebak bahan apa yang dimanipulasi oleh para pedangan nakal, yang penting berpikirlah kritis…

Pesan saya, berhati-hatilah memilah makanan. Jangan selalu percaya dengan iklan. Dan berpikir kritislah. Jangan hanya pentingkan perut dan mulut. Tapi pikirkan juga organ tubuh lain,tidakkah anda kasihan dengan jantung anda? Alat pencernaan anda? Hidup anda? Renungkanlahsaudara-saudara..

2.Alat transportasi dan teknologi


Tidakkah alat transportasi membuat kita menjadi malas saudara-saudara? Yang biasanyake warung jalan kaki, karena malu dibilang katro, akhirnya ke warung yang cuma beda blok dengan naik motor. Betapa CKCKCK sekali orang jaman sekarang. Naik motor jarak dekat ituhanya akan merusak bumi dan kehidupan di dalamnya. Polusi, boros bahan bakar, menambah jumlah kecelakaan. Saya prihatin sekali dengan keadaan ini. Baik kita kembali ke topik. Orangjaman sekarang bisa dibilang terlalu dimanjakan oleh teknologi. Jalan kaki itu sehat, juga dapat membuang kalori dalam tubuh. Percuma jika memakan makanan serba organik, tapi tubuh tidakdipacu untuk berolah raga. Berpikir panjanglah saudara-saudara.. Olahraga adalah salah satu halutama bagi kesehatan. Jika tidak punya waktu luang untuk berolahraga, berjalan kaki lah. Sederhana. Saya pribadi sebenarnya sangat tidak setuju dengan diciptakannya robot-robot yang bisa melayani manusia. Saya tidak bisa membayangkan akan semalas apakah manusia nanti. Dantentunya pasti akan ditemukan obesitas di sana-sini. Maunya dilayani, makan enak, dan tidak mau bergerak. Semoga kata-kata saya bisa menggugah anda untuk bergerak mulai darisekarang, bukan saat anda sudah menderita obesitas nanti.

Baik, mungkin itu saja yang ingin saya share-kan ke teman-teman semua. Sebenarnya masih banyak faktor yang menyebabkan bermunculannya penyakit baru, seperti efek radiasi alat-alat elektronik maupun alat-alat kesehatan. Tapi sayangnya saya tidak terlalu mengerti tentang hal-hal yang serumit itu, jadi yaa kita jalankan hal yang sederhana dulu baru kita dalami hal-hal yang sulit dimengerti. Hidup sehat itu hemat, makan makanan rumah -karena tidak mungkin seorang ibu membeli makanan yang bisa meracuni anaknya- dan berjalan kakilah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline