WONOSOBO - Diversifikasi produk merupakan suatu cara memperluas atau menambah jenis dari suatu produk yang dapat dikembangkan menjadi olahan yang inovatif atau kreatif guna meningkatkan ekonomi dalam suatu masyarakat.
Dalam hal ini, Mahasiswa KKN Unnes melihat potensi dimiliki oleh Desa Menjer seperti sayur-mayur dan umbi-umbian khususnya singkong sebagai salah satu komoditas utama, dikarenakan sebagian besar masyarakat desa ini bekerja sebagai petani.
Dalam mengenapi tujuan di atas, maka mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Semarang ini membuat suatu pertemuan dengan ibu-ibu PKK untuk melaksanakan program kerja unggulan mengenai diversifikasi singkong menjadi suatu produk yang dinamakan dengan Puding Singkong atau Pusing dan sosialisasi pemasaran.
Kegiatan tersebut telah terlaksanakan pada Hal yang mendasari memanfaatkan potensi umbi-umbian dengan membuat olahan yang berbeda di desa tersebut, menambah jenis produk olahan baru dari singkong, meningkatkan nilai tambah dari singkong itu sendiri sehingga mampu memberikan kontribusi peningkatkan perekonomian desa.
Selama ini masyarakat hanya menjual singkong yang belum diolah untuk langsung dijual di pasaran, maka harga jual yang diperoleh masih cukup kurang.
Masih rendahnya pengetahuan tentang kewirausahaan di desa ini yang menyebabkan jarang sekali ditemukan home industry pengelolaan suatu produk olahan makanan.
Alasan lainnya, yang dapat ditemukan di masyarakat desa ini adalah kurangnya waktu yang dimiliki dalam memasak untuk berinovasi menemukan produk makanan.
Sudah ada beberapa contoh produk olahan di desa ini contohnya tepung tapioka dan gethuk. selain pembuatan produk olahan singkong, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unnes juga memberikan sosialisasi pemasaran secara face to face atau on-line.
Tujuan dari sosialisasi adalah diharapkan ibu-ibu PKK bukan hanya mengetahui tentang diversifikasi suatu produk namun juga cara melakukan pemasaran yang baik dan mengikuti perkembangan zaman.
Pemasaran dapat dikatakan berhasil jika dapat mengidentifikasi target, masalah, dan tujuan dalam penjualan suatu produk. ada lima poin penting pada saat sosialisasi, penggunaan sosial media sebagai manfaat dari pesatnya perkembangan zaman, promosi produk, rekomendasi dari konsumen yang telah berbelanja, lokasi yang strategis dekat dengan target yang ditujukan, dan menjaga relasi pelanggan.