Lihat ke Halaman Asli

Maraknya Meme LGBT di Sosial Media: Disambut Baik Oleh Beberapa Orang?

Diperbarui: 16 Mei 2023   08:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Panjolo/Pinterest

LGBT merupakan hal yang tabu di masyarakat Indonesia. Hal itu dikarenakan LGBT merupakan penyimpangan psikologis dan biologis yang melawan hukum agama yang ada di Indonesia. Namun, beberapa waktu ini banyak sekali meme bertemakan LGBT di sosial media.  Meme tersebut biasanya berupa foto atau cuplikan video yang diambil dari video homosexual orang-orang berkulit hitam yang sedang melakukan tindakan tidak senonoh seperti berhubungan badan, dsb.

 Hal ini bermula pada tahun 2020 dari sebuah grup facebook bernama Sungut Lele. Ada seorang pengguna yang menyebarkan meme berisi lelaki afrika-amerika bernama dreamybullxx yang sedang melakukan kegiatan yang tidak senonoh di grup sungut lele. Meme tersebut disambut ramah oleh para anggota grup dikarenakan meme tersebut dianggap lucu dan menghibur walau menampilkan gambar yang tidak senonoh. Meme tersebut mulai menyebar ke sosial media lain secara cepat seperti Tiktok, Instagram, bahkan sering dijadikan stiker Whatsapp oleh beberapa orang. Sekarang grup yang memiliki 23 ribu anggota tersebut sudah menjadi sarang untuk orang-orang menyebarkan atau mendapatkan meme yang tidak senonoh tersebut.

Sudah banyak orang Indonesia yang tanpa disadari mengikuti kegiatan yang ditunjukan meme tersebut. Salah satunya adalah akun tiktok bernama Javierstoy. Dalam videonya, Javier melalukan plesetan meme tersebut dan mendapatkan banyak pengikut hanya dengan melakukan kegiatan tersebut. Javier juga sering berkolaborasi dengan temannya Dygha. Mereka berdua biasanha membuat video bernyanyi lagu-lagu dewasa serta membahas hal yang tidak senonoh.

Hal ini sangat berbahaya bagi anak bangsa. Pasalnya, gambar yang ditampilkan sangatlah menjijikan dan dapat merusak otak anak muda. Hal ini dapat di cegah dengan cara melaporkan atau mereport akun yang menyebarkan hal tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline