FRANKY NUARI PANJAITAN
NPM: 2115300004
Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Pembangunan Pancabudi Medan Kelas 1-A
Email: franky_van@yahoo.co.id
LATAR BELAKANG
Indonesia merupakan negara yang dikenal dengan berbagai macam potensi wisata, mulai dari alam, sejarah, budaya dan kuliner. Hal ini menyebabkan sektor pariwisata menjadi program prioritas pembangunan oleh pemerintah Indonesia. Sektor pariwisata juga membuka lapangan kerja yang seluas-luasnya bagi masyarakat sekitar.
Pemerintah Indonesia akhir2 ini sedang fokus membangun destinasi-destinasi pariwisatabaru yang dikenl dengan 5 destinasi super prioritas indonesia. Destinasi tersebut adalah Danau Toba di Sumatera Utara, Candi Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuhan Bajo di Nusa Tenggara Timur dan Likupang di Sulawesi Utara.
Pandemi covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia sangat berdampak pada sektor pariwisata. Hal ini membuat pariwisata Indonesia menjadi terpuruk, banyak destinasi wisata yang ditutup sementara. Hal ini juga berdampak pada masyarakat yang harus kehilangan pekerjaan di sekitar lingkungan destinasi wisata seperti pegawai hotel, restaurant dan sektor lain yang tidak terpisah dalam sektor pariwisata.
Maka dari itu diperlukan strategi pemasaran yang baik untuk kembali menarik minat wisatawan untuk berkunjung kembali ke destinasi wisata yang ada di Indonesia. Strategi pemasaran ini dinilai akan membangkitkan kembali sektor pariwisata yang ada di Indonesia dari imbas pandemik covid-19.
PEMBAHASAN
Pemasaran adalah suatu kegiatan secara menyeluruh dan terencana dilakukan oleh suatu perusahaan atau instansi dalam melakukan berbagai upaya untuk mempromosikan penjualan suatu produk dan jasa. Menurut Kotler (1993) adapun tujuan pemasaran ialah mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan- kebutuhan pelanggan dengan baik, sehingga semua produk menjual dirinya sendiri.