Lihat ke Halaman Asli

Frando Nainggolan

Berkarya Tanpa Batas

Tantangan yang Membuahkan Keberhasilan

Diperbarui: 8 April 2021   13:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Pada suatu hari, ada seorang petani yang membawa pulang seekor anak rajawi dari hutan dan menaruhnya di kandang ayam untuk dipelihara. Ia mempelajari segala sesuatu yang dilakukan anak-anak ayam. Suatu hari, seorang ilmuwan berkunjung dan mengingatkan petani tersebut. 

Ilmuan itu berkata;  "Hey... kawan, Anda telah menempatkan seekor rajawali bersama dengan anak ayam"

"Saya tahu", kata si petani, "tetapi tidak ada watak rajawali pun tersisa padanya. Ia mungkin mempunyai sayap yang sangat besar, tetap tidak dapat terbang lebih dari tiga meter".

 "Saya tidak percaya itu", kata ilmuwan itu. "la pasti mempunyai suatu naluri terbang, seekor rajawali yang tersembunyi dalam dirinya. Saya mau lihat apakah saya dapat membangkitkannya."

 Maka ilmun tersebut mengambil rajawali itu dan membiarkannya berdiri di atas telapak tangannya, kemudian melambungkannya dan memacunya untuk terbang. Tetap rajawali itu hanya memandang ke arah anak-anak ayam di tanah, kemudian melompat bergabung dengan mereka.

Pada hari berikutnya, ilmuwan itu membawa rajawali itu ke atas atap rumah, dan mencoba membujuknya untuk terbang. Lagi-lagi, ia hanya melompat ke dalam kandang ayam.

Akhirnya, ilmuwan itu melakukan suatu percobaan terakhir. Ia membawa rajawali itu ke puncak sebuah gunung yang tinggi saat matahari mulai bersinar. si ilmuan tersebut meletakkan rajawali itu berdiri di tanganya, dan kemudian  Rajawali itu merentangkan sayap-sayapnya yang perkasa seolah-olah bangun dari tidurnya. Maka  si ilmuwan itu mengarahkan mata dan kepala rajawali ke arah matahari yang menyilaukan. Sesuatu terjadi dalam diri burung rajawali itu.

Ia melompat dan merentangkan sayap-sayapnya yang perkasa dan meluncur... Pada permulaannya hanya berputar-putar dan terbang tanpa usaha melawan arah angin yang tak kelihatan. Tetapi semakin lama dan semakin mengangkasa, dan terus mengangkasa sampai akhirnya menghilang dan tida pernah kembali lagi. Rajawali itu membutuhkan suatu tantangan untuk bisa terbang seperti burung rajawali yang sesungguhnya.

 Kesungguhan dan keuletan sang ilmuan tersebut untuk melakukan suatu percobaan, akhirnya membuahkan hasil yang sangat baik. Untuk itu jangan takut mencoba, teruslah berusaha sampai kita menghasilkan sesuatu yang sangat berharga dari apa yang kita coba tersebut. Jangan takut salah dan bosan untuk mencoba sesuatu yang berharga. Karena rasa takut itu akan menghalangi kita untuk mencapai sasaran kita. Teruslah mencoba dan mencoba, milikilah keberanian, kesungguhan, keuletan, kesebaran dan hilangkan rasa malu dan takut, maka kita akan mencapai sasaran yang kita butuhkan atau yang kita tuju. Suatu tantangan yang akan terus kita coba akan membuahkan suatu keberhasilan. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline