Lihat ke Halaman Asli

Francisca Goncalves Komba

Universitas Negeri Semarang

Meningkatkan Branding Desa: Mahasiswa UNNES GIAT 9 Mengadakan Sosialisasi Penggunaan Media Sosial untuk Branding Desa Karangkepoh

Diperbarui: 15 Agustus 2024   00:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Boyolali, 16 Juli 2024 -- Dalam upaya pemberdayaan masyarakat desa khususnya anggota karang taruna di bidang teknologi, mahasiswa Universitas Negeri Semaranag (UNNES) yang sedang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNNES GIAT 9 bekerja sama dengan anggota karang taruna dari berbagai dusun, RW dan RT serta kalangan Pemuda se-Desa Karangkepoh, Kecamatan Karanggede, Kabupaten Boyolali melaksanakan kegiatan sosialisasi "Media Sosial sebagai Sarana Branding Desa". Sosialisasi ini bertujuan memperkenalkan identitas dan menyebarluaskan informasi yang ada di Desa Karangkepoh kepada khalayak umum sehingga dapat menarik warga luar Desa Karangkepoh. Sosialisasi ini menjelaskan mengenai definisi dan cara melakukan branding desa.

Branding adalah ajang untuk mempopulerkan produk/jasa/tempat yang berpotensi menarik warga luar Desa Karangkepoh. Hal yang menjadi tolak ukur keberhasilan dalam branding desa dengan membuat postingan yang menarik agar mendapat banyak umpan balik (feedback) dari dari masyarakat lain. Seperti:
1.Lokasi yang menarik warga desa
2.Produk UMKM yang saat ini dan yang akan datang
3.Kegiatan desa

Sosialisasi Media Sosial sebagai sarana Branding Desa yang diadakan di Aula Desa Karangkepoh (16/7/2024) melibatkan berbagai sesi praktis dan teoritis. Dalam kegiatan ini Mahasiswa UNNES GIAT 9 memandu peserta agar membentuk Tim Publikasi & Dokumentasi dari masing- masing karang Taruna Dusun antara lain:
1.Mengelola akun instagram Desa
2.Mencari dan menghasikan ide konten yang akan dibuat
3.Mendokumentasikan produk jasa, tempat dan kegitan di desa
4.Mengedit dan menggungah konten yang telah didokumentasikan di aku instagram desa

Peserta yang terdiri dari anggota karang taruna dari berbagai dusun, RW, dan RT di Desa Karangkepoh sangat antusias terhadap sosialisasi sekaligus pelatihan ini. Banyak dari mereka merasa bahwa pembuatan akun media sosial berupa instagram ini adalah solusi yang sangat relevan untuk meningkatkan Branding desa dari segala potensi serta pengetahuan baru dalam memanfaatkan media sosial.

Mahasiswa UNNES GIAT 9 Desa Karangkepoh berharap pelatihan ini agar dapat memberikan kontribusi positif yang berkelanjutan bagi masyarakat khususnya karang taruna Desa Karangkepoh. Mereka berencana untuk terus memberikan dukungan dan bimbingan pasca-pelatihan untuk memastikan bahwa karang taruna dapat mengimplementasikan pengetahuan yang diperoleh di baik di desa, dusun RW dan RT masing-masing.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline