Lihat ke Halaman Asli

Fransiskus Nong Budi

Franceisco Nonk

Sancta Sanctorum: Kapel Pribadi Paus pada Abad Pertengahan

Diperbarui: 7 Agustus 2024   08:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: https://commons.wikimedia.org/wiki/File:2011-01-11_11.20.43_Rome_-_Sancta_Sanctorum.jpg.

San Lorenzo in Palatio ad Sancta Sanctorum adalah sebuah kapel pribadi Paus dari abad ke-16 yang berada di puncak Scala Santa atau "Tangga Suci". Kapel ini berada di dalam Santuarium Kepausan Tangga Kudus (Pontificio Santuario della Scala Santa). Bangunan ini beralamat di Piazza di San Giovanni in Laterano, 14, 00185 Roma, Italia. Di seberangnya terdapat Istana Lateran (Palazzo Lateranense) serta Basilika Santo Yohanes di Lateran (Basilica di San Giovanni in Laterano), serta Universitas Kepausan Lateran (Pontificia Universita Lateranense).

Ketika Istana Lateran baru sedang dibangun untuk para paus pada abad ke-15, tangga utama dari istana lama tetap dipertahankan karena ada tradisi yang menyatakan bahwa tangga itu awalnya berasal dari istana gubernur di Yerusalem. Tradisi ini mengimplikasikan bahwa Yesus Kristus akan turun dari tangga ini setelah dijatuhi hukuman oleh Pontius Pilatus, dalam perjalanannya menuju penyaliban. Tangga ini terdiri dari dua puluh delapan anak tangga yang terbuat dari marmer Tyrian. Untuk itu, Paus Sixtus V memerintahkan pembangunan gedung baru yang dirancang oleh Domenico Fontana dan dibuka pada tahun 1589. Sejak saat itu, ziarah umat Katolik Roma adalah untuk menaiki tangga ini dengan lutut sambil merenungkan Sengsara Kristus.

Di puncak tangga tersebut terdapat kapel yang dikenal sebagai Sancta Sanctorum, didedikasikan untuk martir Romawi, Santo Laurensius. Penyebutan pertama tentang kapel ini ditemukan dalam Liber Pontificalis, yang ditulis pada masa Paus Stefanus III (772). Kesaksian lebih banyak mulai muncul sejak tahun 1000-an, terutama mengenai liturgi Pekan Suci dan kepemilikan Lateran. Gregorius IV (844) membangun apartemen pribadi di dekat kapel untuk memudahkannya berdoa di sana dan memimpin para klerus Kuria. Para Paus seperti Leo III (816), Innocentius III (1216), Honorius III (1227), Nikolas III (1280), dan Kalistus III (1458) bersaing untuk menghiasi dan memulihkan Sancta Sanctorum. Dua yang terakhir sangat penting dalam proses ini, dan kepada mereka kita berhutang bentuk kapel yang sekarang. Di bawah pengawasan Nikolas III, fresko yang dikaitkan dengan sekolah Cavallini, Cimabue dan lainnya dibuat, demikian pula dengan mozaik di atas altar dan lantai Cosmati. Kalistus III (1458) kemudian membangun dinding penguat di bagian belakang kapel. Kapel ini tidak mengalami kerusakan serius selama penjarahan Roma pada tahun 1527 dan pembangunan serta pekerjaan Sixtus V kemudian menjaga fitur utama Sancta Sanctorum tetap utuh.

Sanctuary ini dipugar oleh Pius IX (1846-78) dan sebuah biara yang bersebelahan dibangun dan dipercayakan kepada Para Bapa Pasionis pada 24 Februari 1853. Sanctuary ini, sebagai bagian dari Tahta Suci, menurut perjanjian Lateran 1929 antara Mussolini dan Gereja Katolik Roma, memiliki semua hak ekstrateritorialitas.

Bangunan ini menyerupai rumah kota abad ke-18, dengan dua lantai. Lantai pertama memiliki pilaster bergaya Doric, dan lantai kedua bergaya Ionic. Di bawah atap datar terdapat inskripsi dedikasi dalam bahasa Latin, yang diterjemahkan menjadi "Paus Sixtus V membangun sanctuary ini sebagai tempat untuk meletakkan Scala Santa". Pintu masuk langsung mengarah ke tangga tersebut.

Tangga Scala Santa sekarang dilindungi dengan papan kayu, dengan lubang intip di beberapa tempat sehingga para peziarah dapat menyentuh batu aslinya. Terdapat satu rangkaian tangga. Langit-langit dan dinding dihiasi dengan lukisan dinding oleh Giovanni Guerra dan Cesare Nebbia (dengan asisten mereka) segera setelah bangunan dibuka. Terdapat dua tangga biasa lainnya, satu di setiap sisi. Pada waktu banyak peziarah, seperti Pekan Suci, tangga ini juga dinyatakan "suci" dan dapat digunakan dengan cara yang sama. Di waktu lain, tangga ini digunakan oleh mereka yang berjalan turun. Dilarang berjalan di atas Scala Santa, kecuali jika seseorang merasa tidak sehat (kecuali untuk staf pemeliharaan).

Di puncak Scala Santa, terdapat ruang depan yang berisi patung-patung abad ke-19 oleh Ignazio Jacometti. Setelah menaiki anak tangga terakhir, peziarah akan menemukan dirinya di depan kisi besi yang melindungi Sancta Sanctorum. Menurut sejarawan abad pertengahan, ini adalah "sanctuary yang paling dihormati di Roma" dan merupakan oratorium pribadi para Paus hingga zaman Renaisans. Saat ini, tempat ini tetap menjadi saksi kemegahan Patriarkium kuno dan sejarah seribu tahun kepausan.

Kapel ini dibangun untuk menampung relikui paling suci yang disimpan di Istana Lateran lama, dan juga memiliki lukisan dinding dan mosaik yang dipindahkan dari kapel istana yang dihancurkan dan yang telah ditugaskan oleh Paus Nikolas III pada tahun 1277. Deteriorasi ini menyebabkan kapel ditutup. Ada lantai cosmatesque yang luar biasa. Relik lainnya yang dulu ada di sini sekarang berada di museum Vatikan.

Benda paling kuno dan dihormati di Sancta Sanctorum adalah gambar Juruselamat Suci. Disimpan di atas altar, ini disebut "Acheropita" (tidak dibuat oleh tangan manusia). Karena pentingnya, Kapel ini disebut dengan nama gambar ini dalam beberapa dokumen. Dilukis di atas panel kayu, gambar Juruselamat digambarkan duduk di atas takhta, memberkati dengan tangan kanan dan memegang gulungan Injil di tangan kiri. Asal mula gambar ini tetap tidak diketahui. Pada abad ke-8, gambar ini menjadi subjek penghormatan yang besar sehingga, berdasarkan Liber Pontificalis, Stefanus II membawanya di pundaknya selama prosesi untuk menghalau bahaya yang ditimbulkan oleh invasi Langobardi (735); prosesi serupa untuk merayakan tanggal 15 Agustus diadakan setiap tahun menurut kebiasaan Romawi kuno. Ikon Acheropita diperbaiki dan dipulihkan di bawah Yohanes X (928), Alexander III (1181), dan Innocentius III (1216); wajah Yesus yang tampak sekarang adalah reproduksi di atas sutra, diterapkan pada yang asli selama restorasi kedua. Innocentius III melapisi lukisan dengan pelat perak berlapis emas yang hanya menyisakan kepala yang terlihat. Apa pun asalnya, sejarah ikon ini terkait dengan lebih dari 1000 tahun pengabdian. Ini adalah salah satu relikui paling penting dari iman yang masih ada hingga hari ini.

Di bawah altar Kepausan, dilindungi dengna jeruji besi tempa yang besar, terdapat dua pintu perunggu, dilapisi dengan relief dan inskripsi dari abad ke-13. Dekorasi ini menutupi peti kayu cemara, yang secara khusus dibuat oleh Paus Leo III untuk menampung harta dan relikui terkenal dari Sancta Sanctorum. Pada tahun 1902, kisi tersebut dibuka untuk pertama kalinya sejak tahun 1521, setelah Pastor F. Jubaru S.J. mendapat izin untuk memeriksa kepala Santa Agnes yang disimpan di dalamnya. Pada tahun 1905, F. H. Grisar diizinkan untuk membukanya sekali lagi untuk mempelajari koleksi benda-benda suci yang terbuat dari emas, perak, gading, dan kayu berharga, bersama dengan banyak tempat relikui, salib, kain, brokat, perkamen, miniatur, dan enamel, semua dengan nilai tak terhingga - sebuah peti harta karun yang sebenarnya. Tempat-tempat relikui ini dipindahkan ke Museum Kristen Suci di perpustakaan Vatikan. Di antara relikui yang disimpan di tempat ini adalah kepala para rasul Petrus dan Paulus, yang sekarang dihormati di Basilika Santo Yohanes Lateran. Kapel Sancta Sanctorum jarang dibuka dalam beberapa tahun terakhir, tetapi setelah beberapa renovasi, sekarang dibuka kecuali pada hari Rabu dan Minggu, pukul 10:30-11:30 dan 15:00-16:30 waktu setempat. Ada kemungkinan dikenakan biaya masuk.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline