Lihat ke Halaman Asli

frammashendriawan

seorang broadcaster yang sedang mencari jati dirinya

RSS

Diperbarui: 5 Maret 2020   12:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

RSS adalah  adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (di antaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog.  Teknologi yang dibangun dengan RSS mengizinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan web (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler.

 Untuk memanfaatkan teknologi ini kita membutuhkan layanan pengumpul. Pengumpul bisa dibayangkan sebagai kotak surat pribadi. Kita kemudian dapat mendaftar ke situs yang ingin kita tahu perubahannya. Namun, berbeda dengan langganan koran atau majalah, untuk berlangganan RSS tidak diperlukan biaya, gratis. Tapi, kita biasanya hanya mendapatkan satu baris atau sebuah pengantar dari isi situs berikut alamat terkait untuk membaca isi lengkap artikelnya.

Perangkat lunak ini bekerja untuk mengambil dan mengumpulkan kontent berita sesuai dengan keinginan pengguna. Cara kerjanya sama persis dengan mesin pencari (search engine)

RSS biasanya digunakan oleh komunitas web atau blog untuk menyebar ringkasan tulisan terbaru di jurnal, dan biasanya juga disertai artikel lengkap, gambar dan suara. penggunaan RSS sangat banyak di berbagai penerbitan berita, antara lain Reuters,BBC,CNN. RSS digunakan oleh semua situs berita web dan blog dengan tujuan untuk pemasaran, press release, laporan reguler produk, atau aktivitas lainnya yang membutuhkan pemberitahuan periodik/publikasi.

RSS sangat memberikan kemudahan untuk user untuk berlangganan konten. Ketika menggunakan RSS feed, mereka (pengunjung/subscriber/user) dapat menerima update terbaru dari blog atau website secara langsung ke feed reader, aplikasi desktop, atau perangkat lainnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline