Peran dosen dan mahasiswa dalam pengabdian kepada masyarakat sejatinya sangat dibutuhkan bagi masayarakat untuk mempercepat proses peningkatan kemampuan sumber daya manusia sesuai dengan tuntutan dinamika pembangunan untuk kemajuan. Mempercepat upaya pengembangan masyarakat ke arah terbinanya masyarakat dinamis dan sejahtera. Mempercepat upaya pembinaan institusi dan profesi masyarakat sesuai dengan perkembangan dalam modernisasi. Memperoleh umpan balik bagi perguruan tinggi agar sejalan dan maju bersama. Maka di tahun 2024 ini Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim Malang melalui LembagaPenelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Malang menggelar Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) yaitu UIN Mengabdi Qaryah Thayyibah. Pada pengabdian ini kami salah satu Tim yang membahas tentang Revitalisasi Ekonomi Melalui Literasi Digital Dusun Lo’andeng Desa Kalisongo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, . Tim kami terdiri dari Dr. Ni’matuz Zuhroh, M.Si, Dr. Indah Aminatuz Zuhriyah,M.Pd , Ninja Panju Purwita M.Pd selaku Dosen UIN Malang dan Anisa Nurfadhilah, selaku Mahasiswa UIN Malang yang dilibatkan pada pelaku UMKM sebagai sasarannya. Dengan Nara Sumber Dr. M. Bukhori, SE, S.AG, MM. yang bertempat di Balai RW 04 Dusun Lo’Andeng Desa Kali Songo Kec. DAU Kab. Malang.
Di Dusun Lo’andeng Desa Kalisongo, Kecamatan DAU , Kabupaten Malang, ini kami mendapatkan data 30 UKM dengan jenis usaha yang beragam dan didominasi jenis kuliner atau yang bergerak dibidang makanan olahan, terutama para pembuatan Samiler, krupuk puli, kripik Singkong, kripik Pisang dan beraneka camilan yang biasanya dijual dengan cara keliling dengan kemasan apa adanya. Berdasarkan fenomena ini maka Tim kami berupaya memberikan Revitalisasi Ekonomi Melalui Literasi Digital terutama melalui pelatihan pengemasan produk , mencari jejaring, Promosi Produk sampai dengan Strategi pemasaran yang professional
Tujuan dari kegiatan pengabdian ini untuk memberikan pemahaman kepada pelaku usaha terkait pentingnya; A. Fungsi Kemasan ; (1) membantu mencegah/mengurangi kerusakan, melindungi dari bahaya pencemaran serta gangguan fisik, kimia, biologis dan mikro biologis. (2) Menempatkan suatu produk agar mempunyai bentuk yang memudahkan dalam penyimpanan, pengangkutan dan distribusi. Semakin baik kemasan maka meningkatkan nilai jual yang tinggi. B. Pentingnya mencari jejaring, Promosi Produk sampai dengan Strategi pemasaran yang Profesional. Yang bertujuan meningkatkan pendapatan/ keuntungan yang maksimal.
Namun dari hasil selama pengabdian dimulai dari tanggal 20 Pebruari 2024 , Observasi , Pembuatan proposal, tanggal 16 Juni 2024. Dan kami selaku pendamping produk sampai bulan Desember 2024 dan bahkan masyarakat menghendaki pendampingan secara berkelanjutan dan berupaya terus dengan secara offline dan online mendampingi UKM untuk mendapatkan Pelaku usaha sangat antusias agar mendapat pelatihan pengemasan, Pembuatan Design Merk, Pengolahan produk yang berkualitas, Promosi Produk dan Strategi Marketing yang professional
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H