Lihat ke Halaman Asli

FORSES

FORUM PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH

Workshop Perbankkan Syariah: Tiga Kompetensi Sumber Daya Perbankkan Syariah

Diperbarui: 23 Januari 2023   13:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi IAI Al-Khairat Pamekasan

Rangkaian kegiatan pembekalan praktikum lembaga keuangan dan bisnis Islam bagi mahasiswa program studi ekonomi syariah dan perbankan syariah juga diisi dengan workshop perbankan syariah. Kegiatan yang dilaksanakan tanggal 22 Januari 2023 bertujuan agar mahasiswa semakin mantap secara teori dan contoh praktis dari para praktisi.


Dalam penjelasan nya narasumber pertama, Ketua Dewan Pengawas Syariah BPRS Bhakti Sumekar, 

KH. Dr. Ahmad Fauzi Tidjani, Lc, MA menyampaikan bahwa adanya konstruksi shariah compliance  dan  legal compliance  pada lembaga keuangan syariah memastikan bahwa struktur hukum Islam dapat berasal dari doktrin agama namun dapat diperkuat dengan  ketetapan hukum yang memiliki kekuatan hukum mengikat . Hal ini sesuai dengan kaidah   artinya Hukum suatu sarana itu tergantung hukum tujuannya. "Secara keseluruhan, fungsi shariah compliance  dan  legal compliance  secara substansi dapat dimanfaatkan sebagai standar bisnis dan industri keuangan" tegas Kyai yang juga Pengasuh Ponpes Al-Amien Prenduan Sumenep.

Adapun Ahmad Mukhlisin, MH selaku narasumber kedua menuturkan tentang syarat berkarir di industri keuangan syariah ada tiga, yaitu: menguasai hukum akad syariah, memahami metode akuntansi keuangan, dan memiliki attitude yang syar'i.

Dokumen Pribadi IAI A-Khairat Pamekasan

 "Dipersilahkan lulusan program studi ekonomi syariah dan program studi perbankan syariah IAI Al-Khairat Pamekasan mengisi kursi kebutuhan SDM di perusahaan kami" tantang Presdir KSPPS NURI JATIM. (mk236)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline