Latar Belakang
Pada era modern ini, persaingan di berbagai sektor menjadi sangat ketat. Lingkungan dalam bisnis pun menjadi semakin cepat berubah. Dalam hal ini menyebabkan setiap pengusaha harus mampu mengimplementasikan strategi marketing yang tepat, kompetitif, serta secara terus-menerus harus bisa menyesuaikan dengan lingkungan persaingan yang terus berubah. Fungsinya agar penjualan dapat dipertahankan atau ditingkatkan .
Mari kita pahami terlebih dahulu apa itu strategi marketing menurut para ahli!
Strategi marketing menurut (Kotler and Armstrong, 2012:72) adalah logika pemasaran dimana perusahaan berharap dapat menciptakan nilai bagi customer dan dapat mencapai hubungan yang menguntungkan dengan pelanggan.
Strategi marketing menurut (Tull dan Kahle Tjiptono, 2009:6) menyatakan bahwa strategi marketing merupakan alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang dimasuki dan program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran tersebut.
Pembahasan
Nah sahabat entrepreneur, setelah kalian mengetahui apa itu strategi marketing, di pembahasan kali ini kita akan membahas bagaimana sih konsep dalam upaya meningkatkan strategi marketing?
Yuk simak penjelasan saya kali ini!!!
Dikutip dari buku Ajar Manajemen Pemasaran Bauran Pemasaran karya Tengku Firli Musafir, S.E., M.M, berikut merupakan elemen strategi marketing:
Elemen strategi marketing ini sangat berpengaruh pada peningkatan bisnis anda, kata yang familiar nya biasa dikenal dengan konsep 7P. Apa sih 7P itu?
Product (Produk)