Lihat ke Halaman Asli

Mengapa Populasi Orangutan Terancam Punah

Diperbarui: 27 Maret 2024   07:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Orangutan primata besar yang unik terancam punah akibat faktor yang memengaruhi habitat mereka. mengapa Orangutan terancam punah ?

1. Pengrusakan habitat: Ancaman terbesar terhadap Orangutan adalah pengrusakan habitat. hal ini disebabkan oleh pertambangan hutan  dan pembukaan lahan pertanian sehingga pengaruh tersebut dapat mengurangi luas hutan tempat Orangutan tinggal.

2. Transaksi jual beli Ilegal: Tubuh Orangutan memiliki manfaat yaitu digunakan untuk pengobatan tradisional, Akibat manfaat tersebut maka Orangutan diperjual belikan secara Ilegal.

3. Perubahan Iklim: perubahan iklim berdampak juga terhadap habitat Orangutan. Perubahan suhu mengganggu ketahanan pohon yang menjadi rumah bagi Orangutan sehingga hal tersebut dapat mengurangi habitat Orangutan dan ketersediaan makanan.

KESIMPULAN

Orangutan adalah spesies yang menabjubkan, tetapi keberlangsungan hidup mereka terancam oleh manusia dan kondisi alam.Untuk mencegah kepunahan mereka, tindakan yang harus kita lakukan adalah bersama sama kita menjaganya agar Orangutan tetap berada di alam liar untuk generasi mendatang.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline